Makanan Apa yang Sehat untuk Sarapan Pagi?

Makanan merupakan salah satu hal yang terpenting bagi kelangsungan hidup manusia, terutama makan pagi atau sarapan. Sarapan juga dapat berpengaruh dengan kualitas kerja dan dapat berpengaruh terhadap kegiatan dalam sehari. Dengan sarapan kebutuhan akan gizi dan nutrisi untuk tubuh dapat terpenuhi, sehingga sarapan merupakan hal yang terpenting yang sebaiknya tak boleh ditinggalkan.

Banyak gangguan kesehatan yang dapat dialami saat jarang atau sering tidak sarapan, salah satunya yang paling umum adalah maag. Namun, tak sedikit orang yang beralasan tidak sarapan karena beberapa hal. Seperti bangun kesiangan, tidak keburu waktu atau takut terlambat dan tidak sempat masak. Tetapi alasan tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak sarapan. Sarapan tidak harus dalam bentuk makanan berat, seperti nasi bersama daging, namun bisa menggunakan makanan ringan yang mudah dikonsumsi dan tidak ribet. Seperti buah – buahan, roti, sereal dan beberapa makanan berikut ini!


Menu Makanan & Buah-buahan Sehat untuk Sarapan Pagi


  • Telur
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/en/breakfast-healthy-smoked-salmon-1058726/
Telur sering dijadikan menu sarapan yang mudah dibuat dan menyehatkan. Cukup dengan memasaknya menjadi dadar atau omelet, lalu dinikmati sebagai isian roti dan ditemani segelas susu merupakan hidangan sarapan yang bernilai gizi tinggi dan bertahan lebih lama.

  • Buah Pisang
Buah pisang dapat dijadikan menu makanan pagi yang menyehatkan dan praktis. Mengkonsumsi pisang saat serapan memang cukup dianjurkan. Sebab, buah pisang mudah didapat dan mudah disimpan serta rasanya yang lezat, bertekstur lembut, kemudian tinggi kandungan karbohidrat dan potassium yang bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama serta dapat pula mencegah hipertensi.

  • Buah Semangka
Mengkonsumsi buah semangka di pagi hari kebanyakan orang akan beranggapan akan menimbulkan gangguan pencernaan. Namun, apabila mengkonsumsi buah semangka sebagai makanan pencuci mulut mungkin dapat dicoba. Sebab, buah semangka mengandung air yang sangat banyak, sehingga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan di pagi hari. Selain itu, buah semangka mengandung likopen yang berguna mencegah tumbuhnya sel kanker dan dapat mencegah dehidrasi setelah tidur yang tanpa kita sadari saat tidur dapat mengalami dehidrasi. Sehingga sangat penting saat setelah tidur minum satu gelas air atau bisa sarapan dengan buah semangka.

  • Buah Melon
Rasanya yang lezat dan renyah membuat buah melon cocok dikonsumsi saat sarapan. Seperti halnya buah semangka, buah melon ternyata juga tinggi akan kandungan airnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan di pagi hari. Buah melon ternyata terdapat pula kandungan vitamin A dan vitamin C yang baik bagi kesehatan.

  • Strawberry
Buah strawberry dapat dijadikan menu sarapan yang menyehatkan. Sebab, dalam buah strawberry terdapat kandungan antioksidan, asam folat, serat dan vitamin C yang baik bagi kesehatan. Namun mengkonsumsi buah strawberry di pagi hari tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki kadar asam lambung tinggi sebab dapat mengganggu sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan rasa dari buah strawberry yang agak masam, sehingga dapat memicu naiknya kadar asam lambung dan beberapa gangguan pencernaan lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa jenis makanan sehat di pagi hari yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D