Tips Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba dan Musim Hujan Tiba

Tips Menjaga Kesehatan Saat Perubahan Musim Hujan / Pancaroba

Di Indonesia setiap akhir dan awal tahun ditandai dengan perubahan musim, dari musim kemarau beralih ke musim penghujan, seperti sekarang ini. Setiap hari hujan turun mulai dari pagi sampai malam merupakan pemandangan dan hal yang harus di hadapi setiap harinya. Jadi, diperlukan ketahanan tubuh yang ekstra untuk menghadapi peralihan musim tersebut karena pada saat itulah rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Tak khayal banyak orang yang belum siap beradaptasi dan menghadapi perubahan tersebut, sehingga tidak sedikit orang yang terserang beberapa jenis penyakit. 

Ada banyak macam penyakit yang menyerang tubuh pada saat perubahan musim seperti saat ini, seperti flu, pilek, batuk, demam, sesak nafas, penyakit kulit, masuk angin sampai DBD (Demam Berdarah). Apabila seseorang mengalami salah satu jenis penyakit tersebut dapat membuat tubuh kurang fit dan malas melakukan berbagai rutinitas sehari – hari. Namun, ada beberapa tips yang dapat dilakukan supaya kondisi tubuh tetap sehat dan fit sehingga dapat melakukan aktivitas dan rutinitas setiap hari. 


Cara Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba / Perubahan Musim Hujan 



  • Mengkonsumsi Multivitamin

Tips menjaga kesehatan saat pancaroba dan musim hujan tiba
Image Source: pixabay.com
Pada saat perubahan musim seperti saat ini, tubuh akan beradaptasi dan menyesuaikan terhadap kondisi lingkungan serta membutuhkan proses. Proses adaptasi inilah yang rentan terhadap berbagai macam penyakit dan menyerang sistem imun menusia. Untuk menghadapi itu semua diperlukan multivitamin supaya memperkuat sistem imun untuk menghadapi berbagai macam penyakit. Multivitamin yang wajib dikonsumsi adalah vitamin C yang dapat diperoleh dari berbagai macam buah, seperti jeruk atau berbagai macam produk multivitamin yang dapat diperoleh dari apotek terdekat.


  • Selalu Menjaga Kebersihan

Pada saat musim penghujan bakteri dan kuman akan leluasa untuk berkembang biak. Hal ini disebabkan oleh suhu lembab yang menjadi sarang bakteri dan kuman berkembang biak. Jadi, tubuh akan menjadi rentan terhadap berbagai macam gangguan, apabila tidak menjaga kebersihan lingkungan. Tangan merupakan salah satu media masuknya bakteri dan kuman ke dalam tubuh. Tanpa sadar bakteri dan kuman tersebut telah masuk ke tubuh kita setiap harinya. Jadi, pastikan kebersihan badan dan lingkungan agar tetap higienis dengan mandi secara rutin, jangan lupa mencuci tangan sebelum makan dan menjaga kebersihan lingkungan. 


  • Membersihkan Lingkungan

Kebersihan lingkungan saat musim penghujan sangatlah utama karena hujan yang  turun akan membuat lingkungan semakin kotor daripada musim kemarau. Sehingga memicu tingginya tingkat kelembapan yang dapat menjadi sarang kuman dan genangan air yang menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak. Jadi, sebaiknya selalu membersihkan lingkungan dengan cara membakar atau mengubur sampah, membersihkan selokan agar terhindar dari bencana banjir dan menutup genangan air. Selain itu, pemangkasan pohon – pohon yang rindang dan lebat juga diperlukan agar pada saat angin kencang datang tidak terjadi yang namanya pohon tumbang. 


  • Perbanyak Minum Air

Pada saat musim penghujan, orang – orang sering kali mengabaikan mengkonsumsi air putih. Suhu yang dingin adalah salah satu faktor penyebabnya, sehingga jarang sekali rasa haus melanda. Namun, perlu diketahui jika kebutuhan cairan setiap harinya tetap sama, yakni 8 – 12 gelas setiap harinya baik pada saat musim kemarau maupun musim penghujan. Jadi, banyak mengkonsumsi air sangat baik bagi kesehatan di musim penghujan agar kebutuhan cairan dapat tercukupi dan juga terhindar dari dehidrasi. 


  • Menjaga Asupan Makanan 

Saat musim penghujan tetaplah menjaga asupan makanan setiap hari. Sebaiknya, konsumsi makanan yang hangat serta berkuah supaya tubuh tetap terjaga kehangatannya. Selain itu, jaga pula porsi makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini dikarenakan pada saat suhu dingin akan membuat tingginya nafsu makan dan apabila dituruti nafsu tersebut akan berujung kepada masalah obesitas. Jadi, alangkah baiknya makan di kala lapar dan berhenti sebelum kekenyangan, seperti sunah rasul. 


  • Menggunakan Pakaian Tebal dan Hangat

Pakaian juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan di musim penghujan. Sebaiknya kenakan pakaian yang tebal dan hangat supaya dapat menjaga tubuh tetap hangat, apalagi aktivitas di luar ruangan atau out door.


Nah, itulah tadi beberapa tips menjaga kesehatan saat musim penghujan, semoga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D