Manfaat Sayur Brokoli Bagi Tubuh dan Kesehatan

Khasiat Brokoli untuk Kesehatan

Sayuran merupakan bahan makanan yang wajib ada dalam menu makanan sehari – hari karena sayuran mempunyai kandungan yang sehat dan penuh nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah sayuran brokoli. Brokoli merupakan jenis sayuran yang masih ada hubungan erat dengan bunga kol dan kubis. Brokoli berwarna hijau, bila kita lihat secara seksama mirip dengan pohon dalam bentuk yang kecil. Brokoli biasanya sering masuk ke dalam bahan membuat salad dan rasanya juga renyah.

Khasiat Makan Sayur Brokoli bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya enak dimakan, brokoli juga mempunyai manfaat bagi tubuh. Nah , apa saja manfaat brokoli bagi kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Sayur Brokoli

  • Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli memiliki kandungan lutein karotenoid di dalamnya dapat bermanfaat bagi kesehatan mata dan menjaganya dari berbagai macam penyakit mata, seperti katarak. Selain itu, kandungan vitamin A dalam brokoli juga bermanfaat membuat retina mata sehat dan berfungsi normal.

  • Mencegah Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah yang meninggi. Untuk mengatasinya dapat mengkonsumsi brokoli bagi penderita hipertensi karena di dalamnya mempunyai kandungan kalsium dan magnesium yang dapat menstabilkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

  • Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Brokoli memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, sehingga dapat menjaga kesehatan sistem saraf dan mencegah dari penyakit yang menyerang sistem saraf.

  • Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang menyerang tulang, sehingga membuat tulang menjadi keropos. Penyakit ini disebabkan oleh faktor usia dan kurangnya asupan kalsium untuk tulang. Brokoli memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang dapat mencegah pengeroposan tulang dan menjaga tulang agar tetap sehat. Selain itu, kandungan kalsium tersebut juga baik bagi masa pertumbuhan tulang dan gigi pada anak – anak.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Brokoli mempunyai kandungan beta karoten, selenium dan seng yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti flu dan pilek. Apalagi pada saat peralihan musim seperti saat ini.



Jadi, itulah beberapa khasiat brokoli untuk kesehatan yang kaya akan kandungan gizi yang berguna untuk mencegah beberapa macam penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D