Manfaat Buah Naga untuk Menurunkan Kolesterol, Diet dan Kesehatan

Khasiat Buah Naga bagi Kesehatan Tubuh

Buah Naga atau yang dikenal dengan buah kaktus madu merupakan buah yang memiliki warna indah, dan mempunyai sisik besar seperti sisik pada naga. Biasanya buah naga memiliki berbagai jenis dan warna, diantaranya warna merah gelap, warna merah muda, dan warna kuning. Kemudian bila dibelah di dalamnya juga ada dua jenis warna yaitu warna putih dan merah keunguan serta mempunyai banyak biji hitam berukuran kecil, buahnya pun dilapisi dengan sisik hijau besar.

Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata buah naga juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut John cola Pitaya dan AL Leong yang berasal dari Food R&D yang merupakan organisasi peneliti buah naga merah. Ternyata buah kaktus madu ini mengandung berbagai zat vitamin dan mineral yang berperan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan bermanfaat untuk proses metabolisme.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa buah naga merah ini memang sangat baik untuk sistem peredaran darah, memberikan efek untuk mengurangi tekanan emosi serta dapat pula untuk meningkatkan toksin di dalam darah. Selain itu, penelitian telah menunjukkan buah naga merah ternyata juga dapat mencegah kanker usus, menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan mencegah terjadinya kolesterol.

Buah Naga Merah & Putih untuk Menurunkan Kolesterol, Diet & Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Naga untuk Diet, Menurunkan Kolesterol dan Kesehatan Tubuh

Secara menyeluruh, buah naga merah mengandung protein yang berperan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat di dalamnya mampu mencegah kanker usus, kencing manis dan cocok dikonsumsi untuk diet. Buah naga merah juga mengandung karotin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh dan menguatkan otak. Terdapat juga kandungan kalsium dalam buah naga merah yang tentunya berfungsi untuk menguatkan tulang.

Selain itu buah naga merah juga mengandung zat besi untuk penambah darah, dan terdapat pula beberapa kandungan vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, dan vitamin C. kandungan vitamin di dalamnya berperan untuk mencegah demam, menambah selera makan, menurunkan kadar kolesterol dan untuk menjaga kesehatan kulit.

Buah naga merah yang biasanya dikonsumsi secara langsung dalam bentuk buah yang segar mampu menghilangkan dahaga karena buah naga mengandung kadar air sekitar 90% dari berat buahnya, sedangkan kadar gula di dalamnya mencapai 13-18 briks. Buah naga juga sangat cocok disajikan dalam bentuk manisan, sari buah, selai, jus dan berbagai jenis penyajian lainnya.

Itulah sekilas mengenai manfaat & khasiat buah naga bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini berguna dan bisa dipetik pelajaran bahwa ternyata ada banyak buah-buahan di sekitar kita yang memiliki khasiat, salah satunya adalah buah naga yang bermanfaat bagi tubuh.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D