Khasiat Teh Daun Jati Cina bagi Kesehatan

Bagi yang belum mengetahui tentang teh daun cina, penulis akan menjelaskannya terlebih dahulu sebelum membahas khasiatnya. Teh daun cina biasa disebut dengan nama daun senna atau daun Alexandria. Teh ini sudah dikenal khasiatnya dan telah digunakan sebagai pengobatan sejak berabad-abad yang lalu. Selain memiliki nama latin Cessai Angustilofia, tanaman ini juga merupakan tumbuhan semak yang tumbuh hingga 3 meter serta memiliki daun halus berbentuk lonjong dan berwarna kelabu hijau dengan tangkai berwarna hijau.
Khasiat Teh Daun Jati Cina
Tanaman ini umumnya tumbuh di daerah yang beriklim tropis, dan umumnya banyak dijumpai di Negara India, Pakistan, Mesir, Afrika Utara, serta Pakistan. Sejak abad ke-9 daun jati cina digunakan pertama kali oleh Dokter Arab sebagai obat pencahar alami. Obat pencahar adalah obat yang mengandung zar laxative. Pemanfaat daun ini biasanya diolah menjadi bentuk teh.

Selain digunakan sebagai teh untuk pengobatan, teh daun jati cina juga dapat dikonsumsi sebagai minuman kesehatan sehari-hari karena memiliki khasiat yang cukup tinggi bagi kesehatan tubuh. Berikut ini akan diuraikan mengenai manfaat dari teh daun jati cina untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Teh Daun Jati China untuk Kesehatan Tubuh dan Diet Menurunkan Berat Badan


1. Mengilangkan Racun Di Dalam Tubuh

Teh daun jati cina berfungsi untuk menghilangkan racun di dalam tubuh terutama pada organ usus. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan sistem penyerapan sari makanan dan nutrisi makanan di dalam tubuh dan mengurainya menjadi bentuk energi.

2. Mengecilkan Perut Buncit

Mempunyai perut buncit merupakan salah satu faktor permasalahan yang dianggap penting khususnya bagi orang-orang yang selalu memperhatikan penampilan. Perut buncit disebabkan oleh lemak yang mengumpul dibagian perut. Mengonsumsi teh daun cina secara teratur dapat membantu mengecilkan perut yang buncit.

3. Menurunkan Berat Badan

Teh daun jati cina juga memiliki manfaat untuk melangsingkan tubuh sehingga ramuan ini sangat cocok dikonsumsi sebagai menu diet harian. Ramuan ini mempunyai khasiat yang ampuh untuk melangsingkan tubuh tanpa memberikan resiko yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Selain memiliki tiga manfaat tersebut, teh daun jati cina juga telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak serta dapat memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh. Jika mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan, akan memberikan efek samping positif seperti buah air besar menjadi lancar serta tubuh menjadi lebih segar. Bagi orang yang memiliki berat badan lebih (obesitas) akan mengalami efek seperti, mengalami mudah berkeringat dan pada saat buang air besar feses menjadi berminyak. Hal itu bertujuan untuk membuang kandungan kolesterol dan minyak jahat di dalam tubuh. 

Mengonsumsi teh daun jati cina harus dengan dosis yang tepat, untuk  itu perlu mengkonsultasikannya kepada para ahli.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D