Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Alami dan Cepat

Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang timbul akibat naiknya tekanan darah pada pembuluh darah yang disebabkan karena penyempitan pembuluh darah sehingga menimbulkan timbunan zat-zat lain dan lemak. Faktor penyebab hipertensi diantaranya karena keturunan, terlalu banyak mengonsumsi garam, terlalu gemuk (obesitas), terlalu banyak pikiran (stress), dan jarang berolahraga.  Cara mengindentifikasi seseorang terkena hipertensi atau tidak bisa dilakukan dengan melakukan kontrol tekanan darah. Ada dua macam pengukuran tekanan darah yaitu pada saat jantung berkontradiksi, akan tetapi tekanan darah saat jantung beristirhat (diatsol) mengalami relaksasi.

Kontrol tekanan darah menggunakan alat yang bernama shpigmomanometer atau yang lebih dikenal dengan nama tensimeter. Tekanan darah normal pada tubuh manusia, biasanya sekitar 90 – 120 untuk sistonik dan 60 – 80 untuk diatsolik. Apabila tekanan darah melebihi angka tersebut dapat dipastikan Anda terkena hipertensi. Hipertensi dapat mengakibatkan timbulnya penyakit stroke, gagal ginjal dan jantung koroner untuk itu perlu berhati-hati.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi secara Tradisional

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi secara Tradisional


Berikut ini adalah cara alami untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara Mencegah Hipertensi

1.      Mengonsumsi buah-buah yang kaya serat
2.      Melakukan diet tekanan darah tinggi
3.      Mengonsumsi suplemen potassium/kalium 2-4 gram per hari
4.      Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3
5.      Rajin berolahraga
6.      Hindari pikiran yang terlampau stress
7.      Jauhi makanan yang terlampau asin
8.      Kurangi kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol

Cara Mengatasi Hipertensi

1.      Jus Seledri

Baru-baru ini telah diteliti bahwa dengan mengonsumsi jus seledri seminggu sekali dapat menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dikarenakan seledri mempunyai kandungan yang didukung tinggi dengan adanya antioksidan, kalium, dan mineral. Seledri juga diketahui memiliki kandungan senyawa 3-n-butil-phthalide yang berfungsi untuk merenggangkan otot-otot dinding arteri agar darah mengalir lebih lancer selain itu senyawa phthalide merupakan senyawa yang dapat mengurangi rasa stress.

Pilihlah seledri yang segar, cuci hingga bersih. Kemudian blander seledri dengan air yang sudah masak. Saring airnya dengan membuang ampasnya, kemudian jus seledri siap diminum sesudah sarapan setiap pagi. Tetapi yang perlu diingat adalah sebelum mengonsumsi jus seledri kenalilah tensi darah Anda.

2.      Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa alisin yang berperan untuk melebarkan pembuluh darah dan menghindari terjadinya pembekuan darah penyebab berlangsungnya hipertensi. Cara untuk mengonsumsi bawang putih ini adalah dengan cara memilih bawang putih dalam keadaan segar, ambilah 3 siung bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih, kemudian tumbuk sampai halus kemudian diperas dengan ditambahkan air, barulah bisa diminum. Langkah selanjutnya bisa dilakukan dengan memakannya secara langsung dengan campuran nasi.


Alam sudah memberikan kita banyak sekali kekayaan, dan sangat bermanfaat untuk setiap kehidupan khususnya untuk kehidupan manusia. Banyak sekali bahan obat yang terdapat di sekitar kita, untuk digunakan sebagai pengobatan maupun untuk pencegahan. Alangka baiknya jika kita menjaga kesehatan dengan membiasakan pola hidup sehat. Karena kesehatan itu tak ternilai harganya. Semoga artikel mengenai cara menurunkan tekanan darah tinggi ini bisa berguna untuk Anda !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D