Manfaat Bunga Kumis Kucing untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Bunga Kumis Kucing

Bunga kumis kucing atau nama ilmiahnya Orthosiphon aristatus merupakan tanaman yang sangat dikenal dalam dunia pengobatan herbal. Tanaman ini merupakan tanaman yang asli berasal dari negara tercinta kita, Indonesia. Anda tau kenapa dinamakan kumis kucing? Ya, karena bunganya berbentuk seperti kumis kucing yang berwarna putih, (untung saja bukan kumis singa gitu ya  hehehe).

Khasiat Bunga Kumis Kucing

Bunga kumis kucing terkenal sebagai tanaman obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan baik bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri, sapofonin, saponin, kalium, garam, myoinositol, zat samak, dan Orthosiphon glikosida. Nah, Ada sudah tau kandungan dari bunga kumis kucing, berikut ini ada beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan kumis kucing.


Manfaat Bunga Kumis Kucing
Khasiat Bunga Kumis Kucing

  • Mengobati Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan dalam saluran kemih, sehingga menyebabkan peradangan dan rasa nyeri saat buang air kecil yang dialami oleh penderita. Biasanya saluran kemih tersumbat oleh batu yang menumpuk di saluran tersebut, seperti kelebihan kalsium atau karena asam urat. Penyakit batu ginjal dapat diobati dengan menggunakan kumis kucing yang berfungsi untuk meluruhkan batu yang menghambat di saluran kemih. Cara mengolahnya dengan merebus daun kumis kucing sebanyak 20 lembar dan keji beling 5 lembar yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu dengan 2 gelas air. Apabila sudah mendidih, saring dan minum setelah dingin 2 kali sehari.


  • Mengobati Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang tinggi atau di kenal juga dengan penyakit kencing manis. Saya punya sedikit tips untuk mengetahui apakah kadar dalam gula darah Anda tinggi atau tidak tanpa harus pergi ke dokter spesialis atau pribadi Anda. Caranya saat buang air kecil apabila urine Anda berwarna orange kekuningan dan berbau sangat tidak sedap saya sarankan untuk memeriksa ke dokter, karena bisa jadi kadar gula dalam darah Anda sedang tinggi. Sedangkan apabila urine Anda berwarna putih agak kuning sedikit menandakan kadar gula dalam darah Anda masih normal. Namun, diabetes dapat diatasi dengan menggunakan kumis kucing. Caranya, ambil daun kumis kucing sebanyak 15 lembar, lalu cuci sampai bersih. Kemudian rebus dengan 2 gelas sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring dan tunggu dingin terlebih dahulu, lalu minum satu kali sehari.


  • Mengatasi Keputihan
Masalah keputihan sering di alami oleh setiap kaum hawa, mulai dari sebelum datang bulan sampai sesudahnya. Keputihan disebabkan oleh infeksi kuman di sekitar kemaluan. Cara mengatasi keputihan dapat menggunakan kumis kucing. Caranya, ambil daun kumis kucing dan daun beluntas secukupnya, lalu cuci bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan air dan ditambahkan juga 10 biji tanaman kemukus dan 1 sdt jinten hitam sampai mendidih. Saring dan minum saat dingin satu kali sehari.


  • Mengobati Sakit pinggang
Sakit pinggang merupakan penyakit yang sering menyerang orang yang dewasa sampai yang sudah lanjut usia. Hal ini di sebabkan oleh tulang di usia tersebut sudah lemah, sehingga mudah terkena sakit pada pinggang. Namun, sakit pinggang yang Anda derita dapat diobati dengan meminum air rebusan daun kumis kucing sebanyak 7 lembar dan akar kumis kucing 2 dengan satu gelas air sampai mendidih. Saring dan minum dua kali sehari dalam keadaan masih hangat.


  • Mengatasi Masuk Angin
Masuk angin dapat diatasi dengan menggunakan kumis kucing yang direbus dengan satu gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum dalam keadaan dingin.


Mari dibaca juga :

>>> Khasiat Bunga Cempaka
>>> Manfaat Bunga Edelweiss


Demikian tadi penjelasan dari manfaat bunga kumis kucing yang bisa saya bagi kepada Anda. Selain beberapa penyakit diatas, masih banyak lagi manfaat bunga kumis kucing untuk mengobati berbagai macam penyakit yang lainnya. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D