Manfaat Bunga Edelweis bagi Kesehatan

Manfaat Bunga Edelweis

Bunga edelweis dengan nama latin Leontopodium akinum merupakan bunga yang tenar di kalangan para pendaki. Bunga ini memiliki julukan bunga abadi, kenapa disebut dengan bunga abadi? Ternyata di dalam bunga Edelweiss terkandung hormon etilen, yakni hormon yang berfungsi sebagai penekanan hormon sehingga bunganya tidak bisa gugur dan yang hebatnya lagi bunga ini dapat mekar sampai 10 tahun lamanya bila menyimpanan nya ditempat yang kering dan dengan suhu ruangan.

Bunga edelweiss tumbuh di ketinggian dengan tempat yang terbuka dan lembab. Untuk dapat berbunga dan tumbuh, edelweiss memerlukan kurang lebih 5 tahun lamanya. Edelweiss memiliki sejarah yang melegenda di negara Eropa bagian utara, karena dipercaya dapat melindungi mereka saat perang. Dan di negara Swiss para pemudanya rela mempertaruhkan nyawanya untuk mengambil bunga keabadian ini sebagai rasa cintanya yang abadi untuk pasangannya. Edelweis memiliki arti yang indah dalam bahasa Jerman, Edelweis artinya mulia dan putih. Sesuai dengan artinya bunga ini berwarna putih dengan corak kuning adapula putih berkombinasi dengan abu-abu dan kehijauan. Tapi, berbesit kabar burung yang mengatakan ada pula bunga edelweiss yang memiliki warna merah, ungu dan biru.


Manfaat Bunga Edelweis
Bunga Edelweis

Khasiat Bunga Edelweis

Ekstrak dari bunga edelweiss dapat dijadikan obat sejak peradaban kuno untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diare, disentri, TBC dan difteri.  Karena bunga tersebut memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup banyak, yaitu anti-mikroba yang dapat membunuh jamur dan bakteri dan memiliki sifat anti-inflamasi atau radang. Ekstrak dari bunga tersebut juga memiliki sifat pelindung yang sangatlah baik bagi keremajaan sel-sel dalam kulit dan melindungi kulit agar tetap kelihatan muda dan segar dengan menghancurkan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Bunga edelweiss bisa dijadikan teh yang dapat mengobati sirkulasi yang buruk, batuk, difteri dan kanker payudara. Bisa juga dijadikan salep sebagai perlindungan kulit dari sinar UV, meredakan rasa sakit karena rematik dan menyembuhkan luka.

Namun, bagaimanapun juga bunga Edelweis merupakan bunga yang lama untuk tumbuh dan berbunga kembali, sepatutnya kita sebagai para pendaki tetap menjaga kelestarian dari bunga edelweiss agar dapat menjadi bunga abadi dengan cara tidak merusaknya ataupun memetiknya sebagai kenang-kenangan. Tapi, bila untuk pengobatan bolehlah mengambil bunga abadi ini dengan sewajarnya.

Semoga informasi mengenai manfaat bunga edelweiss bagi kesehatan ini bermanfaat untuk Anda.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D