Manfaat Bunga Cempaka bagi Kesehatan


Manfaat Bunga Cempaka
Cempaka, mungkin Anda sudah kenal dengan tumbuhan yang satu ini. Jika Anda belum mengetahuinya, simak terus artikel berikut tentang manfaat dari bunga cempaka ini. Bunga cempaka merupakan tanaman yang berasal dari daratan India. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 30 meter, biasanya oleh masyarakat setempat dimanfaatkan kayunya untuk pembuatan mebel atau sejenisnya.
Di Indonesia, bunga cempaka memiliki banyak julukan, seperti bunga kantil di Jawa, campaka di Madura, cempaka bobudo di Ternate, dan cempaka gadeng di Aceh. Kalau di tempat saya lebih dikenal dengan sebutan bunga gading.
Bunga cempaka mempunyai aroma yang sangat harum dan menyengat. Apabila Anda tidak kuat bisa mabuk dan pingsan serta aroma bunga ini dapat tercium dari jarak yang cukup jauh. 

Manfaat Bunga Cempaka
Khasiat Bunga Cempaka

Khasiat Bunga Cempaka

Bunga cempaka ternyata dapat juga di manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Oke lah kalo begitu, berikut ini ada beberapa manfaat dari bunga cempaka bagi kesehatan tubuh kita dan cara menggunakannya. Cekidot!

  • Mengatasi Keputihan
Keputihan kerap melanda setiap kaum hawa pada saat menjelang sampai sesudah haid. Keputihan biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur dan parasit di sekitar alat kelamin. Sehingga mengakibatkan peradangan di daerah saluran ekskresi dan rasa perih saat buang air kecil. Cara mengobatinya bisa menggunakan bunga cempaka, caranya dengan merebus bunga kantil sebanyak 30 gram ditambah jali sebanyak 60 gram yang direndam sampai lembut terlebih dahulu serta kulit delima 15 gram sampai mendidih. Saring dan minum dalam keadaan hangat.

  • Mengatasi Vertigo
Vertigo merupakan penyakit yang mengakibatkan si penderita mengalami gangguan keseimbangan, di sebabkan oleh terganggunya system keseimbangan yang ada di dalam telinga sehingga membuat penderita merasa pusing. Cara mengatasinya Anda bisa menggunakan bunga cempaka, caranya dengan merebus 6-7 bunga cempaka putih yang sudah dikeringkan terlebih dahulu dengan 500 cc air sampai mendidih dan tersisa 200 cc saja. Saring dan minum dalam keadaan masih hangat.

  • Mengatasi Bau Badan
Mungkin setiap orang pernah mengalami bau badan yang tidak sedap. Hal tersebut dikarenakan oleh bakteri dan kuman penyebab bau tak sedap pada tubuh kta yang beracampur keringat atau bisa juga akibat pakaian yang kita kenakan. Biasanya bau badan lebih membuat seseorang akan merasa kurang percaya diri. Hal tersbut dapat Anda atasi dengan mandi menggunakan air rebusan bunga cempaka saat airnya hangat. Hal ini dikarenakan bunga cempaka memiliki aroma yang sangat tajam yang dapat mengatasi masalah bau badan Anda.

  • Mengobati Sinusitis
Penyakit sinusitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tersumbatnya jaringan sinus di bagian hidung oleh virus, bakteri dan jamur dalam bentuk cairan sehingga menimbulkan peradangan dan mengakibatkan infeksi. Cara mengatasinya Anda bisa menggunakan bunga cempaka yang direbus sebanyak 30 gram dan dicampur dengan bahan lainnya seperti 15 gram jahe, 30 gram daun menthol, 2 batang daun bawang putih. Semua bahan tadi direbus dengan 800 cc air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Saring dan minum dua kali sehari.

Jadi itulah tadi manfaat bunga cempaka untuk kesehatan. Perlu Anda perhatikan, ramuan ini tidak diperuntukkan untuk ibu hamil dan jangan malas untuk berkonsultasi dengan dokter Anda serta jaga selalu kesehatan dengan berolahraga secara rutin. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D