Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kedondong

Kedondong merupakan tanaman yang bernama latin Spondias dulcis. Tanaman ini lahir dari kawasan Asia bagian selatan dan tenggara, salah satunya Indonesia. Kedondong dapat tumbuh mencapai lebih dari 10 meter. Buah kedondong berbentuk bulat oval, berwarna hijau ketika muda dan akan berubah menjadi hijau tua atau kuning ketika sudah masak. Ketika Anda memakan buahnya akan tampak biji yang tidak beraturan bentuknya atau memiliki cabang seperti serat, selain itu rasanya yang manis - manis masam banyak disukai. Kegunaan buah kedondong pada umumnya digunakan sebagai sayuran, manisan, dan rujak. Selain itu daunnya bisa digunakan sebagai penyedap makanan dan memiliki rasa yang asam, seperti sayur asem.

Kandungan Nutrisi Buah Kedondong

Kedondong memiliki kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A dan C, protein, lemak, fosfor, zat besi, air, kalsium, sukrosa, dan kaya akan serat. Nah, perhatikan tabel berikut ini :

Kandungan
Jumlah/100g
Vitamin A
2900 IU
Vitamin C
29 mg
Protein
0,8 gram
Air
85 gram
Lemak
1,8 gram
Kalsium
540 mg
Fosfor
82 mg
Sukrosa
10,5 gram
Serat
3,60 gram
Zat Besi
6,2 mg

Selain itu, pada buah yang belum masak juga mengandung pektin sebesar 10%. Kedondong ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Nah, apa saja manfaat kedondong bagi tubuh kita, simak uraian berikut ini.

Khasiat Buah Kedondong bagi Kesehatan


Buah Kedondong


  • Melancarkan Pencernaan
Banyaknya kandungan air dan serat di dalam buah kedondong sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan dapat juga mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, kandungan sukrosa di dalamnya bermanfaat sebagai daya tahan tubuh dan vitalitas.

  • Mengobati Disentri
Pada kulit dan daun kedondong memiliki kandungan tannin, flavonoid dan saponin. Senyawa tersebut dapat mengobati penyakit disentri. Cara menggunakannya dengan meminum air rebusan kulit pohon kedondong yang masih segar sebanyak 15 gram. Kemudian direbus menggunakan air 2 gelas selama kurang lebih 15 menit. Saring dan minum 2 kali sehari selagi hangat.

  • Mengobati Batuk
Buah kedondong yang kaya dengan vitamin C dan rasanya yang asam, ternyata dapat mengobati dan meredakan batuk yang Anda derita.


Jangan lupa baca:  
1. Manfaat Jus Kedondong 
2. Khasiat Daun Kedondong

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari kedondong bagi kesehatan. Jadi, tidak hanya dapat dimakan secara langsung atau diolah, buah dari kedondong dapat mengobati beberapa penyakit seperti batuk dan menambah daya tahan tubuh. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D