Khasiat Buah Matoa untuk Kesehatan

Khasiat buah matoa

Matoa yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata ialah sejenis tanaman yang khas dari wilayah ujung timur Indonesia, tepatnya Papua. Pohonnya termasuk pohon yang besar karena mempunyai tinggi rata-rata mencapai 18 meter dan diameter batangnya sekitar 100 cm. Biasanya tanaman ini berbuah sekali dalam setiap tahunnya. Umumnya akan berbunga saat menginjak bulan Juli – Oktober, serta berbuah dalam waktu 4 bulan setelahnya.

Tanaman berbuah matoa telah menyebar di Papua di hampir setiap dataran rendah sampai pada ketinggian sekitar 1200 meter diatas permukaan laut. Tumbuhan ini akan tumbuh baik apabila tumbuh pada tanah yang kering atau tidak tergenang air dan lapisan tanahnya tebal. Iklim yang diperlukan untuk hidup tanaman ini adalah iklim yang bercurah hujan tinggi dan lebih dari 1200 mm per tahun. 

Buah Matoa Khas Papua

Pada kawasan Papua, disana dikenal ada dua jenis matoa. Kedua jenis itu adalah Matoa Papeda dan Matoa Kelapa. Perbedaan keduanya terletak pada tekstur buahnya. Untuk Matoa Papeda mempunyai ciri-ciri daging buah yang agak lembek dan lengket dan diameter buahnya 1,4 cm sampai 2 cm. Sedangkan Matoa Kelapa, memiliki ciri-ciri daging buahnya yang kenyal dan nglotok menyerupai rambutan Aceh, diameter buahnya berukuran 2,2 cm sampai 2,9 cm serta diameter biji 1,25 cm sampai 1,40 cm. Warna buah matoa kelapa dan papeda memiliki 3 jenis, yaitu warna hijau, kuning dan merah.

Untuk menikmatinya, buah ini dapat dikonsumsi saat segar. Rasanya seperti rambutan yang dicampur lengkeng ditambah adanya sedikit rasa durian. Harganya lebih dari dua puluh ribu rupiah setiap kilogram. Buah ini bisa bertahan cukup lama tanpa pengawetan, yaitu selama 1 minggu. Tapi jika disimpan dalam suhu 5 sampai 10 derajat Celcius, buah ini bisa bertahan sampai 20 hari.

Kandungan Gizi Buah Matoa

Kandungan vitamin A & C mungkin mudah ditemui di banyak jenis buah-buahan. Tapi tak banyak jenis buah yang mengandung vitamin E. Matoa adalah salah satu buah yang mengandung kandungan vitamin tersebut. Tentunya dengan kandungan vitamin tersebut akan sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Khasiat Buah Matoa
Gambar : Buah Matoa

Manfaat & Khasiat buah Matoa bagi Kesehatan

Setelah membahas sekilas mengenai kandungan buah dan ciri fisik buah serta pohonnya. Sekarang saatnya kita membahas pada inti artikel ini, yaitu pada manfat buah matoa bagi kesehatan. Berikut manfaatnya beserta cara pengapilkasian apabila ingin menggunakannya !

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah matoa mengandung vitamin C. Vitamin C sudah dikenal bisa mencegah radikal bebas serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh Anda meningkat, tentunya akan terhindar dari berbagai serangan virus penyakit.


Orang Stres
Gambar : Orang Stres

Mengatasi Stres

Buah matoa memiliki beberapa kandungan yang berguna sebagai obat penenang alami. Salah satunya adalah vitamin E yang akan membantu untuk meringankan stress. Cara menggunakannya untuk mengatasi stres cukup dengan mengonsumsinya saja.


Mengurangi resiko penyakit jantung

Vitamin C dalam buah matoa tentu sudah dipercaya dapat membantu mengurangi terkena penyakit jantung. Selain itu, bila pola makan Anda kurang sehat, Anda dapat menggunakan buah matoa sebagai makanan(buah) penyeimbang.

Menyehatkan Kulit

Beberapa produk kosmetik seringkali menggunakan vitamin E sebagai bahannya. Buah matoa mengandung vitamin E, Anda bisa mengonsumsinya untuk membantu menyehatkan kulit Anda. Selain itu, vitamin E yang Anda dapatkan adalah vitamin yang bersumber dari bahan alami.

Mengurangi resiko kanker

Kandungan antioksidan dalam buah matoa akan membantu mencegah sel kanker yang tumbuh dan berasal dari karsinogen. Buah matoa juga mengandung vitamin C yang akan membantu mengaktifkan antioksidan tersebut.


Setelah Anda membaca dan mengetahui mengenai khasiat buah matoa, mungkin ada diantara sahabat pembaca yang belum tau dimana untuk mendapatkannya. Apakah harus di Papua ? Oh tidak, sekarang buah matoa ini sudah tersedia di beberapa toko buah yang besar. Biasanya harganya akan lebih mahal, akan tetapi rasanya dan manfaat sehatnya akan sebanding dengan itu.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D