Khasiat Buah Kolang Kaling bagi Kesehatan

Khasiat Buah Kolang Kaling

Khasiat Buah Kolang Kaling
Gambar : Buah Kolang-Kaling
Sahabat, sebelumnya kami ucapkan terima kasih karena senang sekali rasanya kami bisa berkesempatan untuk berbagi pengetahuan kepada Anda seputar informasi mengenai manfaat-manfaat buah alami yang bisa kita dapatkan di Indonesia. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat kolang-kaling untuk kesehatan tubuh.



Kolak Kolang Kaling
Gambar : Kolak dengan Hiasan Kolang Kaling
Jika Anda pecinta kuliner kolak pastinya tahu dengan kolang kaling. Buah yang juga sering disebut dengan nama buah atap ini memang sering dipakai sebagai campuran minuman seperti kolak dan es campur. Rasanya memang nikmat dan lezat, selain itu juga cocok sekali bila dicampur dengan aneka kuliner minuman.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa ternyata si buah atap alias kolang kaling ini menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh kita ? Sebelum kita membahas lebih jauh, alangkah baiknya kita kenali dulu pohon yang berbuah kolang-kaling ini.


Pohon Aren – Pohon yang berbuah kolang-kaling

Pohon Aren
Gambar  : Pohon Aren

Pohon aren alias pohon enau adalah pohon yang berbuah kolang kaling. Tanaman ini adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat penting selain kelapa. Selain buah atapnya, tanaman ini juga sebagai tanaman penghasil gula (gula aren) dan nira (minuman legen). Tumbuhan ini berasal dari Asia Tropis, dan menyebar mulai dari India timur, hingga sampai ke negara Malaysia, Filipina dan Indonesia. Di negara kita tercinta (Indonesia), biasanya tumbuh sampai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini juga dijadikan sumber penghasilan oleh beberapa orang yang menanamnya.

Kandungan Gizi Kolang-Kaling

Buah atap mengandung kadar air sampai 93,8 % untuk setiap 100 gramnya. Kemudian juga mengandung 4 gram karbohidrat, 1 gram kadar abu, serat kasar 0,95 gram dan juga protein 0,69 gram. Ditambah lagi kandungan gelatin dan vitamin A, vitamin B, serta vitamin C nya yang bermanfaat bagi tubuh.

Khasiat Buah Kolang Kaling untuk Kesehatan

Sahabat, setelah kita membahas dan mengetahui mengenai kandungan gizi beserta ciri-ciri pohon aren yang menjadi pohon berbuah kolang-kaling, sudah saatnya kita membahas mengenai manfaat buah yang satu ini.

Informasi ini kami dapatkan berdasarkan penelitian dari Departemen Pertanian. Menurutnya ada beberapa manfaat kolang kaling yang dapat kita peroleh apabila dikonsumsi.

Manfaat Kolang Kaling untuk Tulang


Tulang Manusia
Gambar : Jenis Tulang Manusia

Sebagai sumber kalsium, susu sudah dikenal sebagai sumber kalsium andalan untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Akan tetapi susu memiliki kandungan kalori yang tinggi. Hal ini tentu mengkhawatirkan berat badan akan bertambah (untuk yang sedang berdiet). Kemudian jika kegemukan atau kelebihan berat badan terjadi, akan membuat sendi terasa sakit karena tulang merasa keberatan dalam menyangga tubuh.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata kalsium dari kolang kaling hampir menyamai susu sapi murni, murni lho ya… Berdasarkan penelitian yang dilakukan, untuk 100 gram susu sapi yang murni memiliki kandungan 125 mg kalsium. Kemudian kolang kaling 100 gram memiliki kandungan 91 mg kalsium.

Jika Anda adalah seseorang yang sedang menjalankan program diet atau tidak mau kegemukan, Anda bisa menggunakan kolang-kaling sebagai alternatif pengganti susu. 


Khasiat buah kolang-kaling untuk Obat Persendian – Mengobati Radang Sendi


Manfaat Kolang Kaling untuk Persendian
Gambar : Persendian


Apabila seseorang mengalami penyakit radang sendi, ia cenderung sering mengalami rasa sakit di bagian lututnya apabila sesudah berjalanan beberapa menit atau pada saat menaiki tangga.

Jika Anda atau kerabat Anda sedang mengalami masalah dengan persendiannya, atau penyakit radang sendi ini, Anda bisa memanfaatkan buah atap sebagai obat alaminya. Bagaimana caranya ? Caranya cukup mudah. Siapkan kolang-kaling, rebuslah tanpa gula atau pewarna dan jangan dijadikan manisan (jangan dijadikan manisan dengan pandan, jahe ataupun gula batu). Setelah direbus dan matang, Anda bisa menggunakannya sebagai camilan. Konsumsi 100 gram sampai 200 gram sehari sudah cukup.

Mengapa bisa mengatasi masalah persendian ? Karena didalamnya mengandung karbohidrat galaktomannan sebesar 52,9 % yang mampu meredakan sakit atau memberikan efek analgesik. Hal itu akan bisa mengurangi rasa sakit saat radang sendi.

Kegunaan bagi Tubuh – Memperlancar Sistem Pencernaan


Manfaat Kolang Kaling bagi Tubuh & Pencernaan
Gambar : Sistem Pencernaan


Kolang kaling mengandung serat kasar sampai 39 %. Serat itu akan membantu untuk melancarkan pencernaan tubuh. Kenapa ? Karena serat tinggi akan bisa membuat kolang-kaling lama dicerna di dalam perut dan juga menekan nafsu makan serta bisa membuat tubuh lebih lama menyimpan energi. Selain hal itu, serat yang masuk di tubuh akan membuat BAB (buang air besar) lebih teratur sehingga akan membantu mencegah obesitas atau masalah perut lainnya.




Manfaatnya untuk Diet – Makanan Diet


Khasiat Kolang Kaling untuk Diet
Gambar : Makanan Diet
Kembali menurut penelitian yang dilakukan, buah atap mengandung kadar gelatin yang cukup tinggi sehingga berfungsi mempercepat rasa kenyang dan menahan nafsu makan. Selanjutnya, kolang kaling sebanyak 100 gram memiliki kandungan karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram, protein 0,69 gram, serat kasar 0,95 gram. Ditambah adanya kandungan air 94%, tentunya selain bisa digunakan sebagai makanan diet, juga terasa segar apabila dikonsumsi.



Kesimpulan :

Kolang-kaling atau buah atap adalah buah yang berasal dari pohon aren. Memiliki kandungan karbohidrat, kadar abu, serat kasar, gelatin, vitamin A,B, C dll. Bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, mengobati radang sendi, menjaga kesehatan tulang dan bisa digunakan sebagai makanan diet.


Sahabat, khasiat buah kolang kaling memang cukup banyak. Ternyata tak hanya rasanya yang nikmat, juga bermanfaat bagi tubuh kita. Untuk Anda yang sudah membaca tulisan ini, jika dirasa bermanfaat silahkan Anda share/bagikan info ini di facebook, twitter, Google+ atau apapun sosial media Anda. 


BACA JUGA :

1. Khasiat Buah Matoa bagi Kesehatan
2. Khasiat Buah Kersen untuk Kesehatan


Semoga bermanfaat dan membantu serta memberikan pencerahan bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai kolang-kaling. Kami ucapkan terima kasih dan  mohon yang sebesar-besarnya bila ada kesalahan. Jika ingin membaca informasi seputar kesehatan lainnya, silahkan berkunjung di kesehatanpedia.com


Advertisement

Artikel Lainnya :-D