Khasiat Daun Jarak Pagar untuk Kesehatan

Khasiat daun jarak pagar ternyata masih banyak yang belum tahu, padahal tumbuhan ini menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan dan mengobati penyakit. Tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman liar yang biasanya dijadikan sebagai pagar hidup di depan rumah atau hidup liar di perkebunan kosong. Terdapat empat jenis tanaman jarak yaitu
  • Jarak kepyar / jarak kosta/ jarak kaliki (Ricinus communis Linn)
  • Jarak Bali (Jatropha podagrica Hook),
  • Jarak wulung / jarak ulung (Jatropha gossypifolia L.),
  • Jarak pagar (Jatropha curcas L.).

Jarak pagar adalah jenis tanaman jarak yang paling popular diantara empat jenis jarak. Tidak dipungkiri mengingat jarak pagar lebih dekat dengan manusia karena fungsinya salah satunya sebagai pagar hidup atau pembatas tanah dan sudah mulai ditanam sebagai tanaman komoditas untuk pengganti bahan bakar minyak.

Tumbuhan ini mempunyai cabang yang tak beraturan dan batang yang kuat dan kokoh. Batang kayu bulat dan mengandung banyak getah, dapat dibuktikan dengan cara menggoresnya. Biasanya getahnya dapat dijadikan mainan gelembung sabun karena getah jarak memiliki karakteristik mirip sabun yang dapat menggelembung bila kita tiup. 

Tanaman ini memiliki bentuk tulang daun menjari dengan daun tunggal dan lebar. Bunganya majemuk berumah satu dan uniseksual, kadang-kadang ditemui bunga hemoprodit dengan warna kuning kehijauan. Buahnya berbentuk bulat telur tanpa bulu-bulu halus, saat muda buahnya berwarna hijau dan berubah menjadi kuning hingga coklat kehitaman saat tua dengan biji berwarna hitam.


Khasiat Daun Jarak Pagar

Manfaat daun jarak pagar


Di bawah ini merupakan beberapa kegunaan yang kita peroleh dari daunnya :

  • Menurunkan panas dan obat masuk angin bagi bayi
Caranya dengan mengambil 2 sampai 3 lembar daun jarak, olesi dengan minyak makan, lalu panaskan diatas api sekitar 1-2 menit, kemudian  tempelkan pada punggung dan perut bayi.

  • Mengobati kembung dan sakit perut bagi bayi
Jarak pagar dapat dijadikan sebagai obat kembung dan sakit perut pada bayi dengan cara memanaskan empat lembar daun jarak yang terlebih dahulu sudah diolesi minyak kelapa sampai hangat-hangat kuku. Kemudian tempelkan pada perut dan pingang belakang bayi.

  • Memperlancar buang air besar
Daun jarak juga dapat dijadikan sebagai obat untuk melancarkan buang air dengan memakannya sebagai lalapan yang sebelumnya sudah dikukus terlebih dahulu.

  • Obat hernia
Caranya ambil beberapa daun jarak, tambahkan sedikit garam, kemudian tempelkan pada bagian tengah telapak kaki penderita.

  • Menyembuhkan pembengkakan
Caranya dengan mengkukus matang daun jarak secukupnya, lalu tempelkan pada bagian yang bengkak.

  • Menghilangkan koreng
Rendam beberapa daun jarak dalam air panas sampai lemas, kemudian tempelkan bagi bagian kulit yang koreng.



Itulah pembahasan mengenai manfaat & khasiat daun jarak pagar untuk kesehatan pria dan wanita. Semoga berguna dan menambah wawasan Anda.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D