Khasiat Daun Antanan bagi Kesehatan


Khasiat daun antanan nyatanya sudah dikenal sejak dahulu. Antanan atau yang lebih dikenal dengan nama pegagan memiliki nama latin Centella Asiatica adalah tanaman herbal yang berkhasiat sebagai obat-obatan diantaranya adalah sebagai obat kulit, dapat memperbaiki system peredaran darah, gangguan pada syaraf dan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Tanaman yang berasal dari daerah Asia Tropik ini, sekarang ini sudah tersebar hamper diseluruh daerah Asia tenggara, diantaranya Indonesia, Jepang, China, Australia dan berbagai negara lainnya.

Nama lain dari antanan adalah kaki kuda. Tanaman ini bisa dijumpai di tepi-tepi jalan, ladang, kebun, atau di pematang sawah. Antanan dapat digunakan sebagai pengganti ginko biloba yang biasanya hanya terdapat dalam suplemen sintetis sehingga tanaman ini sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

Jenis Antanan

Antanan / pegagan yang tumbuhnya menjalar ini akan terus berbunga sepanjang tahun. Terdapat dua jenis pegagan yang tumbuh di Indonesia dan sering dijumpai, yaitu pegagan hijau dan pegagan merah. Tetapi ada juga tanaman yang mirip dengan pegagan, yaitu antanan gunung, kembang, beurit dan antanan air.  

Pegagan hijau biasanya tumbuh diantara rumput-rumput di area persawahan. Pegagan jenis ini tumbuh diaerah yang lembab dan terbuka. 

Sedangkan pegagan merah atau biasa disebut pegagan kebun atau antanan batu, biasa tumbuh di area terbuka, kering dan bebatuan. Pegagan merah tumbuh menjalar dengan geragih tidak berbatang dan berimpang pendek.

Kandungan Antanan

Pegagan mengandung zat-zat yang bisa menjaga kesehatan dan juga dapat digunakan sebagai obat. Zat-zat yang terkandung dalam pegagan diantaranya adalah garam mineral, yaitu kalsium, kalium, magnesium, natrium dan zat besi, dan banyak lagi zat-penting lainnya diantaranya asiaticoside, madasiatic acid, tannin, vellarine, thankuniside, isothankunisise, mesoinositol, hydrocotylin, brahmic acid, brahmocide, brahminoside, centelloside, madecassoside, dan carotenoids.

Asiaticoside merupakan glikosida triterpenoida yaitu zat antilepra dan dapat juga digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan luka secara cepat. Dan rasa pahit yang terdapat dalam pegagan karena adanya zat vellarine.


Khasiat Daun Antanan
Manfaat Daun Antanan / Pegagan

Manfaat Daun Antanan

Pegagan atau antanan bukan hanya baik untuk meningkatkan kecerdasan otak, tetapi masih banyak lagi manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat lain dari pegagan:

  • Memelihara syaraf memori otak
  • Meningkatkan ketahanan mental
  • Memperlancar sirkulasi darah sekaligus bisa membersihkan darah
  • Bisa menghentikan pendarahan yang hebat atau haemostatika
  • Menambah stamina tubuh
  • Menurunkan panas demam atau sebagai antipiretika
  • Menurunkan depresi atau gejala stres
  • Menguatkan daya ingat
  • Mencegah varises atau salah urat
  • Sebagai peluruh kencing atau diuretika
  • Kandungan saponinnya dapat menghambat adanya keloid, sehingga dapat menghambat produksi jaringan bekas luka yang terlalu berlebihan
  • Meningkatkan peredaran darah pada kaki dan juga lengan
  • Juga digunakan sebagai antibakteri, antialergi, antiinflamasi, antiplasma, tonik, hipotensif, stimulant, dan juga insektisida.

Anda dapat memanfaatkan pegagan dengan cara mengkonsumsinya, yaitu bisa dimakan secara langsung sebagai lalapan atau bisa dijadikan seperti teh atau dikeringkan terlebih dahulu dan diseduh dengan air panas dan dijadikan minuman setiap hari.  Bisa juga dibuat ekstrak dan dibuat kapsul atau dibuat menjadi krim agar lebih mudah konsumsinya.


Yang Ini Silahkan Dibaca:

1.Manfaat Daun Tapak Liman
2. Manfaat Daun Tapak Dara


Demikianlah artikel mengenai khasiat daun antanan alias pegagan. Semoga berguna !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D