Manfaat Daun Tapak Dara bagi Kesehatan

Manfaat daun tapak dara memang dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit. Tapi sebelumnya kita kenali dulu tanaman yang satu ini. Sebenarnya, tapak dara adalah tanaman liar yang tumbuh sampai 1 meter. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Catharanthus roseus L, batangnya bercabang dan tegak, bunganya majemuk yang muncul pada ketiak daun berwarna putih dan merah keunguan. Sedangkan untuk daunnya berbentuk oval berwarna hijau tua. Karena jumlahnya banyak, daunnya akan membuat terlihat rimbun. Tanaman ini juga memiliki buah yang memiliki biji bunga berwarna hitam. Berasal dari kawasan Amerika Tengah, tanaman ini bisa tumbuh 800 mil diatas permukaan laut. Untuk membudidayakannya dapat dilakukan dengan menanam biji, setek, dan peremajaan dengan cara memangkas cabang untuk tanaman yang tua.

Kandungan tapak dara cukup banyak, diantaranya adanya 70 jenis alkaloid, salah satunya adalah 28 bi-indole alkalaoid, alkaloid penurun gula darah, dan alkaloid anti kanker. Alkaloid tersebut dapat diperoleh dari daun, biji, dan akarnya.


Manfaat Daun Tapak Dara
Khasiat Daun Tapak Dara

Khasiat Daun Tapak Dara


Inilah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari daun tapak dara untuk kesehatan serta mengobati penyakit beserta cara mengolahnya.

1. Luka Bakar

Untuk mengobati luka bakar, silahkan siapkan beberapa helai daun kemudian di cuci sampai bersih. Tumbuklah daun tersebut dengan beras sampai menjadi seperti bubur. Setelah itu tinggal tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.

2. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Jika ingin mengatasi tekanan darah tinggi, dapat merebus 20 gram daun yang kering, ditambah 10 gram bunga krisan menggunakan 3 gelas air sampai mendidih. Sesudah itu disaring dan diminum sehari sekali.

3. Kencing Manis (Diabetes Mellitus)

Untuk mengobati diabetes mellitus alias kencing manis, Anda dapat merebus `15 lembar daun yang dicampur 3 gelas sampai tersisa segelas saja. Sesudah itu dinginkan dan diminum.

4. Leukimia

Rebuslah 20 gram daun tap dara dan juga adas pulawaras memakai 1 liter air lalu disaring. Anda bisa menggunakan ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

5. Demam

Rebuslah segenggam daun, 3 potong akar dan batang tapak dara menggunakan 4 gelas air hingga Cuma tersisa 2 gelas. Tambahkan juga gula kelapa, setelah itu dapat diminum 2 kali sehari.

6. Disentri dan Radang Perut

Rebuslah 30 gram daun menggunakan 3 gelas air. Setelah itu minum 2 kali sehari dicampur gula kelapa.


Demikianlah khasiat dan manfaat daun tapak dara untuk kesehatan serta mengobati penyakit/obat alami. Semoga bermanfaat !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D