Manfaat Buah Kecapi atau Sentul untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kecapi

Buah kecapi adalah buah yang berasal dari semenanjung Malaka yang kemudian menyebar sampai ke Indonesia. Buah ini juga disebut dengan nama buah sentul di beberapa daerah. Selain cukup sulit dijumpai di Indonesia, kecapi juga merupakan buah yang cukup sulit apabila kita hendak mengonsumsinya karena kulit buah sentul begitu keras dan agak susah dibuka. Bahkan biasanya jika orang yang ingin segera mengonsumsinya, harus menjepitkan buah ini ke pintu atau membantingnya ke lantai agar kulit buahnya pecah dan bisa diambil daging buahnya untuk dikonsumsi.

Buah sentul memiliki nama latin Sandoricum koetjape, bentuknya pipih tapi cenderung bulat, diameter buahnya sekitar 5 cm, berwarna kuning keemasan, dan adanya bulu halus yang menempel di kulit. Untuk daging buahnya, bagian luar dagingnya berwarna merah, agak keras dan rasanya sedikit asam bila dikonsumsi. Tapi pada bagian daging buah yang dalam warnanya putih, lengket dengan biji, serta rasanya lebih manis. Biasanya dalam satu buah kecapi akan ada kurang lebih 3 biji berwarna coklat berbentuk seperti telur.

Pohon buah kecapi alias buah sentul ini termasuk pohon yang cukup besar. Tingginya bisa sampai 30 meter dan begitu rimbun dengan daun-daun pada pohonnya. Daun itu berukuran sampai 18 cm, bentuknya majemuk atau bulat tapi meruncing. Sementara itu, bunga pohon kecapi terletak pada ketiak daun, warnanya kuning-kuning agak kehijauan dan baunya lumayan harum.

Buah Kecapi atau Buah Sentul
Gambar : Buah Kecapi

Kandungan Nutrisi Buah Kecapi

Dibalik sulit mendapatkan dan juga sulit saat membuka kulit buah ketika mau mengonsumsinya, ternyata buah sentul alias kecapi ini menyimpan berbagai khasiat yang bermanfaat bagi tubuh kita. Dalam 100 gr buah sentul, memiliki komposisi kandungan nutrisi sebagai berikut :
  • Vitamin C sampai 14 gr
  • Total karbohidrat 13,7 gr
  • Kandungan kalsium hingga 11 gr
  • Serat sampai 1,1 gr
  • Lemak sebanyak 1 gr
  • Protein sejumlah 0,7 gr
  • Abu sebanyak 0,7 gr
  • Kalium sebanyak 328 mg
  • Fosfor sejumlah 20 mg
  • Zat besi sampai 1,2 mg
  • Kalori sebesar 247 KJ
  • Air

Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan
Gambar : Buah Kecapi

Manfaat Buah Kecapi alias Buah Sentul

Setelah kita mengetahui mengenai beberapa kandungan yang tersedia dalam buah kecapi. Saatnya kita untuk mengetahui mengenai manfaat dari buah ini. Sebenarnya ada cukup banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah ini, salah satunya adalah untuk dikonsumsi langsung, dijadikan manisan, selai, jelly marmelade, pengharum alami, dan chutney.

Sementara itu dalam hal kesehatan, kecapi juga memiliki kandungan zat polifenol. Zat polifenol inilah yang dipercaya bisa mencegah resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Tak hanya itu, juga diyakini bisa mencegah kepikunan dini atau Alzheimer.

Manfaat Bagian Pohon Buah Kecapi Lainnya

Seperti yang sudah kami ulas tadi, bahwa tak hanya buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun akar, batang dan daunnya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit.

Khasiat Akar Buah Kecapi

Diare, perut kejang, dan sakit perut adalah salah satu gangguan yang dipercaya mampu diobati secara alami dengan akar pohon buah kecapi. Tak cukup sampai disitu, tapi juga digunakan untuk pengembali stamina untuk kalangan wanita sesudah melahirkan.

Khasiat Batang Pohon Buah Kecapi

Biasanya pohon kecapi juga digunakan sebagai pohon peneduh di beberapa daerah. Kayunya karena termasuk keras juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat perabotan seperti mebel. Sedangkan dalam hal kesehatan, serbuk yang dihasilkan pada kulit pohonnya bisa digunakan sebagai obat cacingan.

Khasiat Daun Buah Kecapi

Tak cuma buah, akar dan batangnya, daunnya juga tak ketinggalan akan manfaatnya bagi kesehatan. Daunnya diyakini mampu meredakan demam dan digunakan sebagai peluruh biang keringat dengan cara digosokkan di kulit secara teratur setiap hari sampai masalah biang keringatnya hilang. Kemudian, daun ini juga biasa digunakan sebagai obat untuk pencuci darah yang alami.

Untuk mencuci darah secara alami, caranya adalah berikut ini :
  • Siapkanlah 7 lembar daun dari buah kecapi
  • Setelah itu rebuslah dengan air 4 gelas, tunggu sampai airnya tersisa 2 gelas
  • Angkat dan diamkan sampai dingin
  • Hasil rebusan tersebut dapat diminum sehari sekali

Begitulah informasi yang dapat kami tulis mengenai buah, akar, daun, dan batang dari pohon buah kecapi ini. Ternyata buah yang disebut dengan buah kecapi atau buah sentul ini menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan. Jika bermanfaat, silahkan share informasi ini ke sosial media Anda. Demikian, kurang lebihnya kami mohon maaf dan terima kasih karena Anda sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel mengenai manfaat buah kecapi.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D