Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Liver

Liver atau hati merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang mempunyai peranan penting, yaitu untuk fungsi metabolisme di dalam tubuh. Liver juga berfungsi untuk menghilangkan toxic dari dalam tubuh. Bila terjadi kerusakan pada organ tubuh ini, sangat membahayakan kesehatan hingga dapat menimbulkan kematian. Oleh karena itu merawat dan menjaga kesehatan organ tubuh ini merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. 
 
Pada kesempatan ini akan diuraikan mengenai beberapa kebiasaan yang dapat merusak liver yang wajib untuk diketahui.
Kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak liver

1.    Tidak Menyegerakan Buang Air Kecil saat Bangun Tidur Pagi

Menyegerakan buang air kecil di pagi hari setelah bangun tidur berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dalam bentuk urine. Jika tidak membiasakan diri untuk segera buang air kecil setelah bangun tidur pagi dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada liver.

2.    Mengkonsumsi Minyak Goreng yang Tidak Sehat

Mengkonsumsi minyak yang tak sehat secara berlebihan merupakan salah satu pemicu kerusakan pada liver. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan minyak yang sehat ketika dikonsumsi secara langsung atau ketika digunakan untuk memasak seperti minyak zaitun atau minyak wijen.

3.    Mengkonsumsi Obat Secara Berlebihan

Sering mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada liver karena obat-obatan tersebut memiliki dosis yang keras.

4.    Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan juga merupakan salah satu pemicu kerusakan pada liver karena sarapan dapat membantu tubuh untuk merasakan kenyang dalam waktu yang lebih lama.

5.    Makan Terlalu Banyak

Mengkonsumsi makanan terlalu banyak dan tidak pernah mengontrol jenis makanannya dapat merusak kesehatan liver.

6.    Kurang Tidur

Tidur yang berkualitas dapat memperbaiki kerusakan di dalam tubuh, sehingga tidur penting untuk menjaga kesehatan tubuh karena kurang tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan liver dan kesehatan organ tubuh lainnya.

7.    Mengkonsumsi Makanan Mentah

Mengkonsumsi makanan mentah atau makanan setengah matang dapat memicu adanya kerusakan pada liver. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsilah makanan yang sudah diolah dengan baik dan benar.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang dapat memicu kerusakan liver atau organ hati bila dilakukan secara terus-menerus. (Baca Juga: Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-paru)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D