-->

Manfaat & Khasiat Daun Ekor Naga untuk Kesehatan


Khasiat daun ekor naga telah lama dipercaya mengatasi penyakit. Mungkin nama daun ekor naga masih asing bagi Anda, karena masing-masing daerah punya sebutan yang berbeda pada tanaman herbal ini. Nama ekor nama didapat karena bentuk daunnya hampir menyerupai ekor ular raksasa atau sering disebut dengan naga.

Daun yang memiliki nama latin Rhaphidophora pinnata (L.f) Schott ini merupakan tanaman herbal yang termasuk dalam keluarga Araceae, dan berasal dari daerah Himalaya, Australia dan Pasifik. Di daerah Jawa, masyarakat biasa menyebutnya dengan nama Jalu mampang dan sulang, Di daerah Bali dikenal dengan nama Samblung, dan di daerah Sunda dikenal dengan nama Lolo munding dan Lolo tali.

Daun ekor naga mengandung natrium dan kalium sehingga seseorang yang meminum air rebusan daun ekor naga ini akan terkena efeknya yaitu sering buang air kecil.

Daun ini memiliki ciri-ciri antara lain sebagai tanaman merambat ke atas dan panjangnya bisa mencapai hingga 15 m.  Daun dari tanaman ini bentuknya bulat panjang, berbagi-bagi dan bertoreh, serta ujung daunnya runcing.      Batang tanaman ini berbentuk bulat dan tumbuh memanjang dan melilit, serta memiliki akar gantung dan akar pelekat.   


Khasiat Daun Ekor Naga
Manfaat Daun Ekor Naga

Manfaat Daun Ekor Naga

Adapun kegunaan tanaman ini pada masing-masing negara berbeda-beda. Di negara Vietnam, tanaman herbal ini dimanfaatkan sebagai obat batuk, konjungtivitis, dan paralisis. Sedangkan di negara Singapura, masyarakat memanfaatkan daunnya yang di buat sebagai teh untuk mengobati kanker dan reumatik.

Untuk masyarakat Indonesia, biasanya sering memanfaatkan tanaman ekor naga ini untuk pengobatan pada pembengkakan kulit, tumor, suara serak, sakit tenggorokan, dan dapat membersihkan benjolan-benjolan daging yang tumbuh pada kulit. Daunnya juga dapat membersihkan darah kotor, dan menyembuhkan radang pada kulit.     

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara merebus daun ekor naga dan meminumnya secara teratur hingga sakit yang dideritanya sembuh.



Nah, ternyata ada cukup banyak khasiat daun ekor naga bagi kesehatan tubuh dan obat alami dalam mengobati penyakit. Karena di setiap daerah namanya berbeda, kira-kira di tempat Anda apa namanya ?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel