Bahaya Teh bagi Kesehatan Tubuh Anak

Teh merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi di Indonesia karena dapat diolah menjadi berbagai jenis minuman yang enak seperti es teh manis, teh panas, teh tawar, lemon tea, teh susu dan lain sebagainya. Namun, siapa sangka di balik rasanya yang nikmat ternyata terdapat bahaya bagi kesehatan tubuh anak-anak.

Bahaya teh

1.    Pengendapan Bahan-Bahan Teh

Jika dikonsumsi secara berlebihan, bahaya pertama yang dapat ditimbulkan dari teh adalah terjadinya pengendapan di dalam tubuh anak karena anak-anak cenderung lebih lama mengalami proses pembuangan zat sisa sehingga membuat mereka lebih lama menyimpan zat di dalam teh.

2.    Gangguan Syaraf Pusat

Di dalam teh terdapat kandungan kafein cukup tinggi yang dapat mengendap dan dapat membuat anak merasa gelisah setiap lama karena syaraf di otaknya telah merespon negatif kandungan kafein tersebut.

3.    Disfungsi Ginjal

Apabila dikonsumsi secara berlebihan, kandungan anti-deuritik di dalamnya dapat akan mengalami disfungsi ginjal karena ginjal akan bekerja lebih berat untuk terus memproses dan mengeluarkan air seni.

4.    Anemia

Pengonsumsian teh pada anak-anak yang secara berlebihan akan memperbanyak produksi tanin di dalam tubuhnya. Tannin merupakan bahan yang mempengaruhi terjadinya penyerapan zat besi menjadi lebih lemah atau tidak optimal sehingga dapat mengalami penurunan pembentukan sel-sel darah merah.

Semua bahaya ini akan didapatkan oleh anak, apabila mengkonsumsi teh dalam kadar yang berlebihan. Untuk mengalihkan perhatian anak, sebaiknya gantilah dengan memberi minuman sehat lainnya seperti susu atau susu kedelai. (Baca juga: Bahaya Minuman Bersoda bagi Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D