Cara untuk Menghindari Terjadinya Persalinan Prematur

Masa kehamilan dan mempunyai buah hati merupakan keinginan setiap pasangan suami istri terutama penganti baru. Dalam proses untuk mewujudkannya, tentunya mereka tidak menginginkan apabila terjadi masalah seperti kelahiran prematur. Pasalnya, kelahiran prematur dapat membuat bayi mengalami gangguan kesehatan atau cacat. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur seperti kurangnya asupan nutrisi saat hamil, ibu hamil yang tidak menerapkan pola hidup sehat dan lain sebagainya. Adapun cara pencegahannya dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :

 
1.    Tidak Merokok

Cara untuk menghindari persalinan prematur
Image Source: pixabay.com
Kebiasaan yang harus dihilangkan oleh ibu hamil adalah merokok, selain itu ibu hamil juga harus menghindari asap rokok dan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol. Jika diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2.    Hindari Kafein dan Makanan Pedas

Makanan pedas dan makanan atau minuman yang mengandung kafein juga tidak baik dikonsumsi selama masa kehamilan karena dapat menyebabkan bayi menjadi hiperaktif di dalam rahim dan beresiko lahir prematur.

3.    Hindari Obat Pereda Nyeri

Jika sebelumnya sudah terbiasa untuk mengkonsumsi obat sakit kepala atau sakit punggung, maka sebaiknya hindarilah hal  tersebut selama masa kehamilan karena obat pereda nyeri juga merupakan salah satu penyebab bayi lahir prematur.

4.    Periksa Kemungkinan Infeksi Vagina

Ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan persalinan prematur. Oleh karena itu, periksakan kondisi tubuh khususnya pada organ reproduksi agar dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin.

5.    Jangan Sampai Kelaparan

Untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin, sebaiknya jagalah selalu asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Jangan makan saat perut sudah merasa kelaparan dan tidak disarankan untuk melakukan diet atau mengkonsumsi suplemen pelangsing tubuh selama masa kehamilan.

Agar bayi terlahir normal, sehat dan selamat sebaiknya selalu terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, beristirahat dengan cukup dan melakukan olahraga ringan. (Baca juga: Penyebab dan Gejala Terjadinya Kelahiran Prematur)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D