Cara Mengobati Kutil dengan Obat-obatan

Setiap orang pasti ingin mempunyai kulit yang bersih, mulus dan sehat. Namun, hal itu bisa terkendali apabila terdapat kulit yang dapat mempengaruhi penampilan. Walaupun, kutil dapat hilang dengan sendirinya tetapi alangkah baiknya agar segera diobati untuk menghindari terjadinya kemungkinan terburuk yang akan dirasakan di kemudian hari. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kutil, yaitu dengan bantuan obat-obatan medis.

Cara mengobati kutil

1.    Asam Salisilat

Asam salisilat mempunyai kemampuan untuk melunakkan permukaan kutil dan meluruhkan kutil sehingga dapat dengan mudah dirontokkan. Namun, untuk menghilangkan dengan cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu dalam hitungan bulan.

2.    Krim Retinoid (Retin-A, Avita)

Krim ini merupakan obat yang biasa dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi kutil, obat ini mampu menghalangi pertumbuhan sel-sel berlebihan pada permukaan kulit.

3.    Cantharidin (Cantharone, Cantharone Plus)

Obat ini biasanya digunakan dengan cara disuntikkan atau dioleskan pada kutil, namun efek sampingnya adalah kulit di sekitarnya akan melepuh sehingga kutil mudah untuk diangkat. Untuk menggunakan obat ini hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit yang sudah berpengalaman.

4.    Bichloracetic Acid (BCA)

Obat ini dapat membunuh kutil dengan menghancurkan kandungan protein di dalamnya, biasanya pengobatan ini dilakukan untuk kutil pada telapak tangan atau kaki. Namun, BCA dapat menyerang sel normal sehingga untuk melakukannya harus ekstra hati-hati.

5.    Nitrogen

Nitrogen dalam bentuk cair dapat disemprotkan pada kutil dan akan membuat kutil menjadi mengeras serta rapuh sehingga mudah dibuang oleh dokter.

Karena semua cara pengobatan ini harus dilakukan dengan berhati-hati, dianjurkan untuk mengatasinya dengan bantuan dokter yang terkait. (Baca juga: Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Kulit)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D