Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Kulit

Alergi dingin dapat dialami oleh siapa saja, terutama pada orang-orang yang berpotensi mempunyai alergi dingin ketika mereka mengalami keadaan perubahan suhu yang drastis. Selain itu, alergi dingin juga dapat dipicu oleh adanya rangsangan cahaya, mekanik dan lain sebagainya.

Mengatasi alergi dingin

Gejala alergi ini biasanya akan terjadi pada timbul dan pernapasan, jika dialami pada kulit maka menyebabkan kulit terasa gatal, bentol-bentol, dan kulit menjadi kemerahan yang disebabkan oleh adanya pelepasan zat kimia yang disebut dengan histamine.

Walaupun gejala alergi dingin dapat hilang dengan seiring waktu ketika suhu udara menjadi normal kembali. Namun, untuk mengatasinya sejak dini, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung zat anti-histamin. Selain itu, obat yang mengandung steroid juga diperlukan untuk proses penyembuhannya.

Selain itu, ada cara lain untuk mengatasinya yaitu dengan menghindari kontak langsung dengan udara atau air dingin. Sedangkan untuk meringankan gejalanya dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :


  • Ketika merasa kedinginan, sebaiknya hangatkan badan dengan menggunakan penghangat ruangan atau perapian.
  • Gunakan pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh dari udara dingin seperti pakaian tebal, jaket, topi dan syal.
  • Oleskan bedak atau lotion yang mempunyai kandungan anti-histamin atau calamine untuk meringankan bentol-bentol pada kulit dan pakailah bedak atau lotion tersebut pada kulit yang mengalami iritasi.
  • Untuk pengobatan, minumlah obat-obatan yang mengandung anti-histamin untuk meringankan alergi. Sementara untuk kasus alergi yang lebih parah, minumlah obat yang mengandung kartikosteroid.
  • Sebaiknya mandilah dengan menggunakan air hangat dan hindari kontak dengan air dingin dan paparan udara dingin secara langsung.

Melakukan pencegahannya lebih baik dibandingkan dengan melakukan pengobatan, oleh karena itu usahakan agar tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang cukup yakni sekitar 200 IU per hari yang banyak ditemukan di dalam ikan salmon dan tuna. (Baca juga: Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah Secara Alami)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D