Tips Memilih Makanan Masa Nifas / Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan, seorang tubuh membutuhkan proses pemulihan agar tubuhnya dapat kembali normal seperti semula seperti sebelum melahirkan. Masa pemulihan ini membuatkan waktu sekitar 40 hari setelah melahirkan karena masa nifas atau masa setelah melahirkan membutuhkan perhatian yang sama seperti saat hamil, terutama perhatian pada perubahan hormon.
Tips memilih makanan masa nifas / setelah melahirkan
Image Source: id.wikipedia.org

Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka akan menyebabkan terjadinya postpartum depression yang merupakan kondisi depresi yang terjadi setelah melahirkan karena ibu belum bisa menyesuaikan keadaan setelah melahirkan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan makanan yang dikonsumsi, selain dapat mempercepat proses pemulihan makanan ini juga dapat meningkatkan kualitas ASI.

1.     Susu

Bukan hanya bayi saja yang memerlukan susu, tetapi ibu yang mengalami masa nifas juga membutuhkan asupan susu bagi kesehatan dan kebugaran tubuhnya.

2.     Minyak Omega-3

Perbanyaklah mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung minyak omega-3 yang terdapat di dalam ikan salmon dan biji kenari. Minyak omega-3 berguna untuk menangani depresi dan meningkatkan fungsi pada organ otak.

3.     Suplemen omega-3

Jika merasa takut untuk mengkonsumsi ikan karena kandungan merkuri di dalamnya, gantilah dengan mengkonsumsi suplemen omega-3 yang berasal dari sari minyak asli dan alami sehingga aman untuk dikonsumsi ibu menyusui.

4.     Protein

Selain mencukupi kebutuhan omega-3, mencukupi kebutuhan protein yang terkandung di dalam susu, ikan, daging, telur dan kedelai berguna untuk memberikan efek tenang dan bermanfaat bagi kesehatan otak.

5.     Air putih

Sebaiknya cukupilah kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

6.     Batasi konsumsi kafein

Sebaiknya batasilah konsumsi kafein, karena mengkonsumsi kafein yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah, gelisah dan mood akan mudah terganggu.

7.     Dark chocolate

Jika dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, sebaiknya konsumsilah dark chocolate yang mengandung kadar cocoa sebanyak 70% yang berguna untuk memperbaiki mood.

Ketika sedang mengalami masa nifas, sebaiknya jangan terlalu banyak pikiran agar tidak mengalami rasa stres yang berlebihan karena kondisi pikiran ibu dapat berpengaruh pada bayinya. (Baca juga: anda-tanda Menjelang Persalinan / Melahirkan Normal )


Advertisement

Artikel Lainnya :-D