Tanda-tanda Menjelang Persalinan / Melahirkan Normal

Masa kehamilan merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pasangan terutama pengantin baru begitu pula dengan waktu persalinan atau melahirkan. Proses persalinan atau melahirkan secara medis diartikan sebagai salah satu proses untuk mendorong janin keluar dari rahim secara normal yaitu melalui jalan vagina. Biasanya, kondisi tersebut disertai dengan adanya tanda-tanda menjelang persalinan yang mudah untuk diketahui.

Tanda-tanda menjelang persalinan / melahirkan normal
Image Source: pixabay.com
Tanda-tanda persalinan pasti akan muncul dan dirasakan oleh ibu hamil sebelum mengalami proses kelahirannya. Untuk kondisi tertentu, tanda-tanda ini akan muncul dalam kurun waktu berminggu-minggu sebelum melahirkan, tetapi sebagian besar calon ibu belum mengetahui secara jelas mengenali tanda-tanda tersebut. Adapun tanda-tanda menjelang persalinan normal adalah sebagai berikut.

1.    Kontraksi Braxton Hicks

Kondisi ini disebut dengan mulas palsu karena rasa nyeri yang dialami hanya sebentar dan mempunyai jarak interval yang teratur. Kontraksi ini berguna untuk proses penipisan atau pematangan mulut rahim yang biasanya dirasakan saat usia kehamilan pada bulan ke-6. Jika mengalami kontraksi ini di siang hari, cobalah untuk melakukan gerakan kecil atau jalan-jalan supaya kontraksi tersebut hilang. Namun, jika mengalaminya di malam hari namun waktu melahirkan belum cukup maka berbaringlah menghadap ke sebelah kiri dan minumlah satu liter air putih.

2.    Turunnya Janin

Biasanya semakin dekat pada masa melahirkan, maka janin akan semakin turun ke dalam rongga panggul. Hal ini ditandai dengan adanya rasa tidak nyaman pada panggul dengan beban yang terasa lebih berat dan calon ibu akan merasa ingin buang air kecil terus-menerus. Namun, setelah janin turun ke dalam rongga panggul, calon ibu akan merasa sedikit lega karena paru-paru mempunyai sedikit ruang dibandingkan dengan sebelumnya.

3.    Dilatasi (Pembukaan)


Pada umumnya kondisi ini diawali dengan adanya pemendekkan mulut rahim, kemudian baru akan mengalami pembukaan. Pembukaan seringkali ditandai dengan keluarnya semacam lendir berwarna kemerah-merahan dan terkadang ada yang berwarna coklat, lendir tersebut mempunyai tekstur seperti ingus yang kental yang berguna sebagai penyumbat mulut rahim sebelum persalinan.

Sekecil apapun informasi yang ada, sangatlah dibutuhkan untuk memperlancar proses persalinan agar ibu dan bayinya selamat tanpa ada kekurangan apapun. (Baca juga: Cara Mencegah Varises Selama Masa Kehamilan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D