Tanaman Obat untuk Jenis-jenis Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kelebihan kadar gula di dalam darah dan tubuh sudah tidak mampu lagi untuk mengendalikannya. Beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita diabetes adalah berat badan menurun, sering merasa haus, sering merasa kelelahan, penglihatan menjadi kabur, gatal-gatal, kulit kering dan jika mengalami luka akan sulit untuk sembuh.

Tanaman obat penyakit diabetes

Penyakit diabetes dibedakan menjadi beberapa tipe, yaitu diabetes tipe satu atau diabetes kering dan diabetes tipe dua atau diabetes basah. Diabetes kering merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anak yang disebabkan karena tubuh sudah tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin. Sedangkan, diabetes tipe kedua lebih sering dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut sekitar 40 tahunan ke atas. Meskipun keduanya mempunyai kemiripan, namun diabetes tipe kedua masih dapat memproduksi insulin walaupun, tetap tipe ini juga dapat meningkatkan penyakit lainnya seperti stoke dan masalah komplikasi kesehatan lainnya. Selain pengobatan secara medis, penyakit diabetes juga dapat diatasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman herbal untuk pengobatan tradisional.

1.    Daun Sambiloto

Meskipun daun ini mempunyai rasa yang pahit, namun kandungan di dalamnya sudah terbukti ampuh dapat mengatasi penyakit diabetes tipe apapun karena di dalamnya terdapat kandungan flavonoid yang berguna untuk memproduksi insulin.

2.    Bawang

Selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, bawang juga dapat digunakan sebagai obat diabetes miletus yang berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan insulin di dalam tubuh, membantu melepaskan insulin dan dapat membantu menurunkan kadar gula di dalam darah.

3.    Daun Pegagan

Daun pegagan merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan untuk campuran obat herbal karena mempunyai kandungan zat anti racun dan anti bakteri yang berguna untuk mengobati diabetes dan tekanan darah tinggi.

4.    Daun Salam

Selain dapat digunakan sebagai penyedap masakan, daun salam juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal penyakit diabetes karena kandungan vitamin di dalamnya.

5.    Gingseng

Gingseng mempunyai sumber nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah penyakit seperti menstabilkan kadar gula di dalam darah dan meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh.
 
Selain menggunakan tanaman ini sebagai cara alternatif untuk pengobatan tradisional, namun penting juga untuk menggunakan cara medis selama proses penyembuhannya. (Baca juga: Kandungan dan Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D