Kandungan dan Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan

Curcuma Zedoaria atau yang lebih dikenal dengan nama temu putih merupakan salah satu tanaman obat yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Selain diperuntukkan sebagai obat atau campuran obat, herbal ini juga banyak digunakan sebagai pewarna industri makanan dan digunakan sebagai bahan dalam industri parfum.

Manfaat temu putih

Temu putih dapat tumbuh subur pada dataran lembab dengan ketinggian sekitar 0 hingga 1.000 meter dpl. Meskipun memiliki bentuk dan warna yang hampir sama dengan temulawak, temu mangga dan kunyit putih namun herbal ini memiliki rasa yang identik yakni pahit dan pedas. Di sisi lain, herbal ini juga mempunyai aroma yang khas sehingga mudah untuk dikenali.

Sejak jaman dahulu, temu putih memang sudah dipercaya dapat mematikan karsinogen yang merupakan zat penyebab kanker sehingga dapat mencegah dan mengatasi penyakit kanker. Adapun fungsi lainnya yaitu dapat memperlancar peredaran darah, memperlancar peredaran darah yang membeku hingga dapat mengatasi masalah peradangan.

Di dalamnya juga terdapat kandungan curcumol, curidione, curcumin, curcumadiol, minyak atsiri dan demetosikurkim yang berguna untuk melawan kanker, meredakan nyeri haid, mengatasi sakit perut, mengatasi masalah lambung dan mengobati diare.

Dari hasil penelitian juga telah menemukan bahwa di dalamnya terdapat kandungan zat lipid peroksida untuk mengatasi hipertensi, diabetes, jantung koroner, asam urat, mengatasi ambein, mengobati radang hidung, mengobati amandel bahkan dapat mengatasi masalah keputihan wanita.

Meskipun tidak mempunyai rasa yang enak, namun herbal ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh hingga dapat mengobati penyakit. (Baca juga: Manfaat Spirulina bagi Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D