Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Sesuai dengan namanya, susu kambing merupakan susu yang dihasilkan dari kambing betina setelah melahirkan. Dalam jangka waktu 1 hingga 3 hari setelah melahirkan, kambing betina dapat menghasilkan susu kolostrum yang kaya akan kandungan nutrisi.

Manfaat susu kambing

Walaupun susu kambing belum seberapa populer jika dibandingkan dengan susu sapi, namun susu kambing juga mempunyai kualitas yang tinggi yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin seperti protein, laktosa, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, vitamin C dan vitamin D. Oleh karena itu, susu kambing juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

1.    Menyehatkan Jantung

Selain berolahraga secara teratur, mengkonsumsi susu kambing secara teratur juga dapat menyehatkan organ jantung. Hal itu disebabkan karena di dalamnya terdapat kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu melancarkan peredaran darah, menstabilkan tekanan darah dan dapat mengurangi stroke.

2.    Menguatkan Tulang

Susu ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral salah satunya adalah kandungan kalsium yang berperan untuk membentuk tulang, menguatkan tulang dan dapat mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, kandungan vitamin B2 di dalamnya berguna untuk menambah energi.

3.    Melancarkan Sistem Pencernaan

Sifat alkali yang dimiliki oleh susu kambing berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat menyehatkan organ pencernaan dan mencegah sembelit.

4.    Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein di dalamnya dapat membantu mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat. Mengkonsumsinya setelah makan adalah pilihan yang tepat karena dapat membantu tubuh untuk membakar lemak lebih cepat.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tetap tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. (Baca juga: Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D