Manfaat Push Up bagi Kesehatan Otot Tubuh

Push up merupakan gerakan latihan olahraga yang dapat dilakukan oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Gerakan latihan ini juga mudah dan dapat dilakukan dimana saja sehingga dapat dijadikan sebagai program latihan setiap hari. Gerakannya dilakukan dengan menghadapkan badan ke lantai kemudian mengambil jarak antara kedua tangan. setelah posisi badan siap, maka dapat dilakukan gerakan menekan dan menarik yang bertumpu pada bagian lengan dan tangan. Selain mudah untuk dilakukan, push up juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan otot tubuh.
Manfaat Push up bagi kesehatan otot tubuh
Image Source: pixabay.com

1.    Menjaga Kesehatan Tulang

Gerakan push up yang dilakukan secara terus-menerus berguna untuk menjaga kesehatan tulang, menguatkan tulang dan dapat mencegah terjadinya masalah tulang seperti tulang keropos, tulang rapuh bahkan nyeri sendi.
2.    Menguatkan Otot Dada

Dada merupakan bagian tubuh yang mempunyai peranan besar saat melakukan push up. Gerakan yang dilakukan akan memaksa otot untuk menarik dan menekan badan tanpa harus bertumbuh pada bagian tubuh lainnya sehingga kekuatan otot dada akan terpelihara dan dapat membentuk massa otot dada yang sehat.

3.    Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep

Gerakan push up dapat meningkatkan kerja otot bisep dan trisep yang terjadi karena badan yang bergerak naik dan turun sehingga memberikan tekanan pada kekuatan otot tangan.
4.    Membentuk Perut

Jika dilakukan secara teratur, gerakan push up dapat membentuk otot perut sehingga terlihat seperti susunan berjumlah enam kotak yang keras dan kuat, yang disebut dengan perut six-pack.
5.    Memperbaiki Postur Tubuh

Selain dapat melatih dan membentuk kekuatan otot, gerakan push up juga berguna untuk memperbaiki postur tubuh seperti tulang belakang yang kurang tegak, bahu yang tidak seimbang atau lengan yang kurang stabil.
6.    Melatih Otot Jantung

Orang yang sering melakukan latihan push up akan mempunyai otot jantung yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Untuk mendapatkan beberapa manfaat push up, sebaiknya lakukanlah secara teratur dengan target khusus agar kondisi tubuh menjadi lebih terbiasa. (Baca juga: Manfaat Sit Up bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D