-->

Manfaat Sit Up bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Sit up merupakan salah satu jenis olahraga yang berguna untuk kesehatan tubuh, gerakan yang dilakukan juga berguna untuk mengencangkan otot-otot terutama untuk otot perut sehingga olahraga ini banyak dipakai untuk mengecilkan perut yang buncit. Olahraga ini bisa diterapkan oleh semua kalangan baik pria, wanita,  anak-anak, hingga orangtua.

Manfaat sit up bagi kesehatan tubuh pria dan wanita
Image Source: pixabay.com

1.    Manfaat Sit Up bagi Pria

Sebenarnya olahraga sit up hanyalah penunjang untuk memperkuat otot-otot tubuh karena terdapat jenis latihan olahraga lainnya yang berguna untuk membakar kalori di dalam perut yaitu latihan aerobik. Oleh karena itu, melakukan sit up tanpa diimbangi dengan jenis latihan fisik lainnya tidak dapat memberikan hasil yang maksimal.

Adapun manfaat lainnya untuk kesehatan pria adalah dapat meningkatkan kinerja hormon testosterone untuk meminimalisir resiko terkena osteoporosis bagi para pria.

2.    Manfaat Sit Up bagi Wanita

Manfaat sit up bagi wanita berguna untuk melangsingkan tubuh sehingga sit up banyak digunakan sebagai salah satu latihan olahraga yang wajib dilakukan dalam menjalankan program diet sehat. Meskipun demikan, perlu juga untuk menyeimbangkannya dengan berbagai latihan fisik lainnya agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Supaya mendapatkan manfaat sit up secara maksimal, maka harus dilakukan gerakan sit up dengan gerakan yang benar. Adapun langkah-langkah yang benar adalah sebagai berikut ini :


  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot tubuh menjadi terbiasa dengan gerakan yang akan dilakukan. 
  • Siapkan matras atau alas di lantai supaya tidak menyebabkan cedera punggung, kemudian baringkan tubuh di atas matras.
  • Tekuklah kaki sampai membentuk sudut 45 derajat dengan posisi telapak kaki rata di lantai. 
  •   Letakkan tangan di belakang kepala.
  • Angkatlah tubuh hingga membentuk 90 derajat berada di atas sambil menghembuskan nafas secara perlahan. Setelah itu, aturlah nafas dan dahulukan gerakan pada perut hingga badan terangkat.
  • Turunkan tubuh secara perlahan kemudian tarik nafas dalam-dalam dan tahan untuk merasakan terjadinya kontraksi pada otot perut.
  • Bagi yang belum terbiasa, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melakukan sit up terlalu sering. Sebaiknya lakukan latihan sit up maksimal 10 kali dan tambahlah intensitasnya apabila sudah merasa lebih kuat.
Nah, itu tadi beberapa manfaat sit up bagi kesehatan tubuh pria dan wanita yang dapat dilakukan di rumah. Jika, sudah melakukannya dengan benar dan rutin, maka akan mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. (Baca juga: Gerakkan Olahraga untuk Mempercepat Sistem Metabolisme)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel