Manfaat Musik untuk Mengembalikan Ingatan Akibat Cidera Otak

Hampir setiap orang pasti menyukai musik karena musik dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan dapat membuat seseorang yang mendengarkannya menjadi lebih bersemangat.  Namun, selain itu ternyata masih banyak manfaat yang didapatkan dari musik karena sebuah hasil penelitian menemukan bahwa musik dapat mengembalikan ingatan akibat cidera.

Manfaat musik untuk mengembalikan ingatan akibat cidera otak
Image Source: pixabay.com
Sebuah penelitian yang dikemas di dalam buku berjudul Neuropsychological Rehabilitation mengungkapkan bahwa seseorang yang mengalami cedera otak parah ternyata dapat mengalami MEAMS atau musik yang membangkitkan kenangan autobiografi, seperti orang yang tidak mengalami cedera. Pasalnya mereka yang mengalami cedera biasanya akan mengalami gangguan memori verbal dan visual tapi mereka masih dapat melakukan kilas balik dengan bantuan musik. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa para pasien yang mempunyai masalah memori karena cedera otak ternyata dapat disembuhkan dengan mendengarkan musik.

Para ahli telah melakukan penelitian tersebut terhadap lima orang pasien yang mengalami masalah kesulitan ketika diharuskan untuk mengingat kehidupan pribadinya. Salah satu pasien tersebut bahkan tidak dapat mengingat hampir seluruh kehidupannya setelah mengalami kecelakaan sepeda motor dan mendapatkan cedera parah. Sementara pasien yang lainnya mengalami kekurangan oksigen setelah melakukan percobaan bunuh diri dan kerusakan otak permanen.

Kemudian, para ahli tersebut memutarkan 50 lagu pop hits dari tahun 1961 hingga tahun 2010 yang disesuaikan dengan rentang usia pasien. Sembari tetap memutar musik mereka diminta untuk mengisi kuisioner yang dilakukan untuk mengukur keakraban lagu terhadap pasien dengan skala 1 hingga 5. Mereka kemudian juga diberi beberapa pertanyaan apakah lagu tersebut dapat membangkitkan memori baik atau buruk dan mereka juga diminta untuk menggambarkan bagaimana mereka dapat kembali ikut di dalamnya.

Para peneliti mengungkapkan bahwa ketika mendengarkan musik pop, para pasien akan mengeluarkan reaksi emosional yang kuat dan akan mengasosiasikan lagu tersebut terhadap suatu kenangan karena musik dapat memberikan stimulasi yang kuat pada otak sehingga dapat memunculkan emosi negatif dan positif.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa musik dapat membantu para pasien yang mengalami masalah neurologis, termasuk pasien alzheimer. Selain dapat mengembalikan ingatan akibat cedera, musik juga dapat membantu pasien yang mengidap demensia dan alzheimer mengingat kenangan dengan lebih spesifik, mendalam dan lebih cepat. (Baca juga: Ternyata Jomblo itu Membuat Tubuh Sehat)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D