Kesalahan yang Harus Dihindari saat Mengolah Sayuran

Sayuran merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan mineral dan vitamin sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ada beberapa jenis sayuran yang dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit dan berguna untuk mengatasi penyakit. Namun, sayangnya kesalahan dalam mengolah sayuran dapat membuat vitamin dan kandungan nutrisi di dalamnya menjadi berkurang dan dapat hilang. Oleh karena itu, perlu untuk menghindari kebiasaan yang salah saat memasak sayuran.

Kesalahan mengolah sayuran

 
1.    Memasaknya Terlalu Lama

Semakin lama dimasak, warna sayuran akan terlihat lebih pucat dan teksturnya menjadi lebih lembek. Selain itu, proses pemasakan yang terlalu lama juga akan berdampak pada hilangnya sebagian besar nutrisi di dalamnya.

2.    Salah Menggunakan Jenis Minyak

Sebenarnya, menumis sayuran merupakan cara terbaik untuk mengolahnya untuk menjaga kandungan nutrisi di dalamnya. Namun, menggunakan jenis minyak yang salah dapat membuat sayuran menjadi tidak sehat.

3.    Memanggang Sayuran

Mengkonsumsi sayuran yang dipanggang memang akan nikmat jika dijadikan tambahan ketika membuat barbeque. Tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan ketika memanggangnya yaitu jangan sampai gosong, karena sayuran gosong akan menyebabkan produksi zat karsiogenik yang merupakan zat pemicu kanker.

4.    Memasak dengan Suhu Terlalu Panas

Selain memasak terlalu lama, memasak dengan suhu yang terlalu panas juga akan membuat kandungan nutrisi di dalamnya menjadi berkurang dan cepat hilang.

5.    Mencuci Sayuran Setelah Dipotong

Hal ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan ketika mengolah sayuran. Mencuci sayuran setelah dipotong akan membuat kandungan vitamin di dalamnya menjadi hilang.

Sayuran yang merupakan sumber makanan sehat dapat menjadi tidak sehat, apabila diolah dengan cara yang salah. (Baca juga: Manfaat Acar Timun bagi Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D