Manfaat Acar Timun bagi Kesehatan Tubuh

Timun atau mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak disukai oleh masyarakat, sayuran ini dapat diolah dalam bentuk berbagai makanan salah satunya dalam diolah menjadi bentuk acar atau manisan timun. Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut :


Manfaat acar timun
  • Siapkan 4 timun segar yang sudah dikupas dan dicuci bersih
  • Buanglah hingga bersih bagian bijinya
  • Potonglah menjadi bagian-bagian kecil
  • Masukkan potongan tersebut ke dalam wadah toples
  • Campurkan cuka, air dan sedikit garam
  • Tutup semua campuran tersebut tunggu hingga satu hari
  • Jika ingin menambahkan rasa yang berbeda tambahkan bahan lainnya seperti wortel yang sudah di masak, bawang merah, bawang putih dan cabai rawit 

Setelah mengetahui proses pembuatannya, pada informasi kali ini juga akan dijelaskan mengenai manfaatnya acar timun bagi kesehatan tubuh.


1.    Mengobati Penyakit Diabetes

Acar timun mempunyai sifat sebagai penetralisir kolesterol di dalam tubuh sehingga berguna untuk mengobati penyakit diabetes, menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengatasi masalah hipertensi.


2.    Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi di dalamnya dapat diandalkan untuk meningkatkan sistem pencernaan sehingga dapat menyehatkan organ-organ pencernaan dan dapat mencegah terjadinya sembelit.


3.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh makanan ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik serta dapat mencegah tubuh terkena penyakit akibat infeksi bakteri, virus dan kuman.


4.    Menjaga Kesehatan Kulit

Makanan ini juga mempunyai kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit, seperti menghaluskan, melembabkan dan mencerahkan kulit.


5.    Penangkal Radikal Bebas

Semua kandungan vitamin dan mineral beserta kandungan antioksidan di dalamnya sangat efektif untuk menangkal radikal bebas.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan dan dapat dikonsumsi sebagai pendamping makan makanan berlemak, ternyata acar timun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. (Baca juga: Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Ungu)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D