Kenali Gejala Alergi Telur pada Anak

Telur merupakan salah satu makanan berprotein tinggi yang mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah sehingga banyak orang tua yang memberikan telur untuk anak-anaknya. Namun, tidak semua anak yang dapat menerima kandungan protein tinggi di dalamnya sehingga dapat menimbulkan terjadinya alergi dalam presentase dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah banyak.

Gejala alergi telur pada anak

Anak yang mengalami alergi telur, akan mengalami beberapa gejala yang harus diketahui oleh para orang tua agar tidak memberikan telur lagi untuk mereka konsumsi.

1.    Masalah kulit

Gejala yang pertama ditandai dengan adanya kemunculan eksim, bengkak, kemerahan dan gatal-gatal setelah mengkonsumsi telur.

2.    Masalah pencernaan

Kemungkinan besar juga akan terjadi masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, dan muntah yang dapat dialami oleh anak yang alergi pada telur.

3.    Masalah pernapasan

Apabila setelah memakan telur, nafas menjadi seperti terengah-engah, hidup berair dan terjadi masalah pernapasan lainnya merupakan salah satu gejala bahwa anak mempunyai alergi telur. Gejala ini harus diwaspadai karena masalah pernapasan berpotensi mengancam nyawanya.

4.    Detak jantung berubah

Pada beberapa kasus anak yang alergi telur akan mengalami penurunan atau percepatan detak jantung.

Selalu kenali dan pahami potensi-potensi masalah kesehatan yang dapat menyerang makanan. Sebaiknya lebih berhati-hatilah dalam memilih makanan untuk anak-anak. Jika mengalami gejala-gejala tersebut segera bawalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Baca juga: Gejala Anak Terserang Radang Amandel)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D