Jenis Buah yang Berguna untuk Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat terutama bagi mereka yang kurang memperhatikan pola hidup sehat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang bukan penyakit yang dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya, akan tetapi penyakit ini berpotensi untuk menimbulkan penyakit berikutnya yang dapat berujung pada kematian seperti diabetes, serangan jantung dan stroke.

Jenis buah untuk mengobati hipertensi

Pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat berguna untuk menghindari dan mengobati hipertensi, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang telah dipercaya dapat mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

1.    Buah Beri

Di dalam buah beri terdapat kandungan potassium tinggi yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah tinggi. kandungan potassium yang dibutuhkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi yaitu minimal 4.700 mg atau sekitar 23 mangkuk buah beri.

2.    Jeruk

Di masyarakat buah jeruk memang sudah terkenal karena mengandung banyak vitamin C, potassium dan serat sehingga dapat mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3.    Mengkudu

Meskipun buah ini tidak banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa dan bau yang tidak enak, namun di dalamnya terdapat manfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, protein dan mineral.

4.    Tomat

Di dalam tomat terdapat kandungan berupa potassium, serat tinggi dan vitamin C. semua kandungan tersebut bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

5.    Mentimun

Sama halnya seperti yang lainnya, mentimun juga mempunyai kandungan potassium tinggi sehingga dapat mengatasi dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Meskipun tidak semua buah-buahan tersebut disukai oleh banyak orang, namun semuanya mempunyai manfaat yang sama yaitu dapat mengatasi tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsilah secara teratur dalam jumlah yang tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. (Baca juga: Manfaat Buah Semangka untuk Mencegah Penyakit Jantung)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D