Cara Menyeimbangkan Hormon Wanita Secara Alami

Di dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon, dimana semua hormon tersebut mempunyai peran dan fungsi masing-masing. Setiap hormon mempunyai peranan yang penting terhadap kesehatan, jika ada hormon yang tidak seimbang maka dapat memberikan efek samping yaitu dapat menganggu kesehatan tubuh seperti insomnia, kelelahan, depresi, obesitas hingga masalah libido.

Cara menyeimbangkan hormon wanita secara alami
Image Source: pixabay.com
Hormon memang mempunyai peran yang sangat vital terhadap kesehatan tubuh, oleh karena itu para ahli kesehatan menganjurkan agar semua orang dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuhnya dengan cara yang alami.

1.    Perhatikan Pola Tidur

Salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh adalah dengan memperhatikan pola tidur yaitu sekitar 6 hingga 8 jam setiap malam untuk membantu kadar kortisol dalam menyeimbangkan hormon-hormon di dalam tubuh.

2.    Kurangi Asupan Kedelai

Mengkonsumsi kedelai secara berlebihan dapat menganggu keseimbangan hormon, maka dari itu kurangilah mengkonsumsi kedelai atau makanan yang berbahan dasar kedelai.

3.    Perhatikan Asupan Kafein

Selain mengurangi asupan kedelai, mengurangi asupan kafein juga dapat membantu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh. Pasalnya, kandungan kafein berpotensi dapat meningkatkan hormon stres, dapat menganggu seluruh sistem di dalam tubuh dan dapat menurunkan produksi tiroid.

4.    Penuhi Asupan Cairan

Menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan juga dapat membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu segera penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih serta mengkonsumsi buah dan sayuran segar.

Hormon yang tidak seimbang yang terjadi secara terus menerus dapat meningkatkan kadar estrogen sehingga dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara, serangan jantung, stroke dan diabetes. Maka dari itu, lakukan cara tersebut untuk membuat hormon menjadi tetap seimbang. (Baca juga: Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D