Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

Ketika menstruasi biasanya para wanita akan merasa lelah sehingga malas menjadi malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satu yang sering dikeluhkan oleh wanita yang mengalami menstruasi adalah rasa nyeri dan kram perut yang dirasakan. Ada beberapa cara yang berguna untuk mengurangi dan mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat selama menstruasi karena berguna untuk mengatasi mood wanita yang turun dan dapat menghilangkan stres.

Makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi
Image Source: pixabay.com
Oleh karena itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang tepat dan sehat ketika menstruasi. Berikut ini makanan beberapa yang baik dikonsumsi selama menstruasi.

1.    Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi

Ketika menstruasi, tubuh akan kehilangan banyak zat besi sehingga dianjurkan agar banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti tahu, bayam, kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, kismis dan sereal.

2.    Buah-buahan

Makanan yang paling baik dikonsumsi selama menstruasi adalah buah-buahan karena di dalamnya terdapat kandungan gula alami yang berguna untuk membantu mencukupi kebutuhan gula tinggi selama menstruasi.

3.    Cokelat

Coklat dianjurkan untuk dikonsumsi selama menstruasi karena kandungan biji kakao di dalamnya mampu membantu mengurangi rasa nyeri yang menyerang. Selain itu, cokelat juga mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengembalikan mood menjadi lebih baik.

4.    Daging Tanpa Lemak

Mengkonsumsi daging tanpa lemak berguna untuk meningkatkan energi dan dapat mengatur siklus menstruasi agar tetap lancar.

Konsumsilah makanan sehat selama menstruasi agar tubuh tidak mudah lelah dan agar tidak mudah merasakan berbagai macam keluhan saat haid seperti rasa nyeri pada perut. (Baca juga: Mitos dan Fakta Tentang Haid / Menstruasi)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D