-->

Cara Menghilangkan Kegelisahan yang Berlebihan

Setiap orang pasti pernah merasakan rasa cemas dan gelisah, beberapa dari mereka mencoba untuk mengatasinya agar tidak larut dalam kegelisahan sehingga tidak berujung dengan depresi. Sebenarnya menghilangkan kegelisahan yang berlebihan tidak sulit untuk dilakukan karena ada  beberapa cara jitu yang berguna untuk menghilangkan kegelisahan berlebihan.
1.    Mengalihkan Pikiran

Ketika sedang merasa gelisah ketika menghadapi suatu masalah, sebaiknya alihkan pikiran kepada hal-hal yang menyenangkan. Cara ini berguna untuk mengabaikan dan merasakan perasaan gelisah yang berlebihan.

Cara menghilangkan kegelisahan yang berlebihan
Image Source: pixabay.com
2.    Mengulang Penyebab Kegelisahan

Salah satu penyebab perasaan gelisah yang berlebihan adalah phobia, namun jangan biarkan perasaan takut terus menguasai diri sendiri.  Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan mengulang-ulang penyebab kegelisahan sehingga otak dapat membantu dan merespon agar rasa takut hilang secara alami.

3.    Mencari Jalan Keluar

Pada saat seseorang mengalami rasa khawatir dan gelisah pasti merasakan denyut jantung yang semakin kencang, mengalami insomnia dan merasa putus asa. Padahal perasaan-perasaan tersebut justru dapat membuat orang yang mengalaminya semakin terlarut dalam kegelisahan. Oleh karena, hal yang harus dilakukan adalah dengan mencari jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

4.    Melakukan Meditasi

Cobalah untuk melakukan meditasi dengan duduk dan menarik nafas dalam-dalam. Kemudian, hembuskan nafas secara perlahan sambil memusatkan pikiran pada masalah yang dihadapi. Hal tersebut berguna membuat pikiran menjadi tenang sehingga mudah untuk mencari solusi.

5.    Mencari Solusi dari Masalah

Jika membiarkan masalah begitu saja, maka dapat menciptakan kegelisahan yang lebih parah. Sebaiknya, luangkan waktu untuk berpikir dan mencari solusi dari masalah yang dihadapi.

Kegelisahan yang berlebihan juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang karena akan berujung dengan kesehatan mental dan kejiwaan. Oleh karena itu, hilangkan rasa gelisah yang berlebihan dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. (Baca juga: Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Fisik dan Mental)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel