Bahaya Minuman Bersoda bagi Kesehatan Tubuh

Minuman bersoda merupakan salah satu jenis minuman yang digemari oleh masyarakat untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cara mendapatkan minuman ini pun sangat mudah karena hampir tersedia di toko-toko terdekat dan swalayan dengan berbagai macam aneka jenis serta rasa yang ditawarkan dalam kondisi dingin sehingga memberikan kesegaran bagi orang yang mengkonsumsinya.


Bahaya minuman bersoda
Padahal dibalik kenikmatan dan kesegaran minuman ini, ternyata terdapat efek buruk bagi kesehatan tubuh manusia yang dapat terdeteksi jika dikonsumsi dalam jangka panjang dengan jumlah intensitas yang tidak sedikit.

1.    Mengandung Kadar Gula Tinggi

Di dalam minuman bersoda terdapat kadar gula tinggi, yaitu sekitar 90%. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar tentunya akan memicu obesitas, penyakit diabetes dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

2.    Mengandung Asam Fosfor

Asam fosfor merupakan zat yang sangat korosif terhadap tulang, apabila dikonsumsi secara terus-menerus akan berakibat pada kerusakan jaringan tulang sehingga dapat memicu berbagai masalah seperti pertumbuhan tulang yang tidak sempurna, kerapuhan tulang dan berbagai gangguan tulang lainnya.

3.    Mengandung Berbagai Zat Kimia

Di dalam minuman bersoda terdapat kandungan berbagai zat kimia yang dapat merusak organ hati dan ginjal. Selain itu juga dapat menyebabkan seseorang kehilangan ingatan secara bertahap.

Semua bahaya ini akan didapatkan oleh tubuh, apabila mengkonsumsi minuman bersoda secara terus-menerus dalam jumlah yang berlebihan. Namun, alangkah baiknya jika menghindari mengkonsumsi minuman bersoda dengan menggantinya dengan mengkonsumsi air putih karena mencegah lebih baik daripada mengobati. (Baca juga: Efek Samping Lidah Buaya bagi Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D