Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan dan Kecantikan

Carica merupakan buah yang biasa dikenal dengan sebutan pepaya gunung karena buah ini banyak ditemukan di Dieng, Jawa Tengah. Meskipun terlihat sama seperti buah pepaya, namun buah ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan yaitu mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada buah pepaya pada umumnya. Buah ini sering dimanfaatkan untuk diolah menjadi manisan dan enak untuk dikonsumsi secara langsung.

Manfaat buah carica
Selain enak untuk dikonsumsi, buah ini juga mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak informasi di bawah ini.

1.    Mencegah Kanker Payudara

Mengkonsumsi buah carica secara rutin berguna untuk mencegah resiko terkena penyakit kanker darah. Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi di dalamnya, kandungan tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan berbagai macam virus serta bakteri penyebab penyakit.

2.    Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi di dalamnya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga organ pencernaan menjadi sehat dan terhindar dari masalah sembelit hingga wasir.

3.    Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, menajamkan penglihatan dan dapat menurunkan resiko terkena penyakit katarak.

4.    Sumber Energi

Buah carica juga mempunyai kandungan vitamin B komplek yang berperan penting saat metabolisme tubuh sehingga dapat menghasilkan energi lebih setelah dikonsumsi.

5.    Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C di dalam buah carica mempunyai kemampuan untuk membantu proses pembentukan kolagen sehingga dapat mengurangi kerutan pada wajah. Selain itu kandungan vitamin E yang dimilikinya bermanfaat untuk menyehatkan kulit, menjaga kelembaban kulit dan dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, namun manfaatnya hanya bisa didapatkan secara maksimal apabila dikonsumsi dalam porsi yang bijaksana. (Baca juga: Khasiat Buah Merah Papua untuk Mengobati Penyakit)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D