-->

Khasiat Buah Merah Papua untuk Mengobati Penyakit


Buah merah merupakan buah yang hanya ditemukan di daerah Papua dan Papua Nugini, buah ini mempunyai nama latin Pandanus Conoideus Lamk yang termasuk dalam golongan genus Pandanus. Tanaman buah ini terdapat hingga 12 kultivar dan tersebar luas di daerah ketinggian yang mencapai 2.300 dpl.

Secara tradisional buah merah di Papua banyak digunakan sebagai sumber minyak nabati (minyak karotenoid) oleh masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan dan pesisir. Minyak buah merah juga dapat digunakan sebagai penyedap makanan pokok masyarakat Papua seperti sagu dan ubi jalar.

Manfaat buah merah Papua

Meskipun belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, namun buah ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh khususnya untuk mengobati suatu penyakit.

1.    Kanker

Kandungan senyawa tokoferol dan betakaroten tinggi di dalamnya berguna sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker dan dapat mencegah penyebarannya.

2.    Stroke dan Hipertensi

Stroke dan hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Kandungan tokoferol di dalam buah merah dapat mengencerkan darah sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah dan menstabilkan tekanan darah.

3.    Asam Urat

Asam urat terjadi karena adanya masalah pada fungsi organ hati sehingga asam urat diproduksi secara berlebihan. Kelebihan asam urat pada akhirnya akan mengendap dan menggumpal pada persendian dan akan menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Kandungan tokoferol yang dimiliki buah merah dapat membantu mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja organ hati.

4.    Diabetes Mellitus (DM)

Penyakit diabetes mellitus disebabkan karena kelenjar pankreas sudah tidak mampu lagi memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup sehingga membuat kadar gula di dalam darah menjadi meningkat. Namun, kandungan tokoferol di dalam buah merah dapat membantu kerja pankreas agar menjadi normal kembali.

5.    Osteoporosis

Pada umumnya osteoporosis disebabkan karena tubuh kekurangan kebutuhan kalsium dan biasanya penyakit ini sering dialami oleh para lansia. Kandungan kalsium tinggi di dalam buah merah dapat mencegah dan membantu mengobati penyakit osteoporosis.

Meskipun mempunyai banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, namun buah merah yang hanya diproduksi secara tradisional belum bisa didapatkan dengan mudah oleh masyarakat yang tinggal di luar Papua. (Baca juga: Cara Terapi Apel untuk Batu Empedu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel