Makanan Penyebab Naiknya Asam Lambung

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa aktor senior Didi Petet meninggal dunia karena diduga terkena gangguan asam lambung. Sebenarnya ada banyak penyebab yang dapat memicu penyakit ini salah satunya adalah efek dari makanan yang dikonsumsi. Makanan yang sangat panas dan pedas adalah salah satu faktor yang dapat menimbulkan asam lambung. Namun, selain itu ternyata ada empat jenis makanan yang dapat menyebabkan asam lambung diantaranya adalah sebagai berikut :

Makanan penyebab naiknya asam lambung
1.    Cokelat

Makanan berbahan dasar biji kakao ini mempunyai kandungan kafein dan lemak yang tinggi. Kandungan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kenaikan asam lambung.

2.    Gorengan

Bagi masyarakat Indonesia, gorengan merupakan makanan yang banyak digemari. Namun, gorengan disebut-sebut sebagai penyebab utama yang dikenal dapat membuat terjadinya kenaikan asam lambung karena mempunyai banyak lemak jenuh.

3.    Daging

Asam lambung yang naik juga bisa disebabkan oleh lemak padat yang terdapat di dalam daging sapi, unggas, dan kambing. Kandungan lemak yang terdapat di dalamnya sulit dicerna sehingga dapat membuat asam lambung menjadi naik.

4.    Makanan Panas dan pedas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis-jenis makanan panas dan pedas sering dikaitkan dengan perut mulas hingga kenaikan asam lambung.

Agar terhindar dari kenaikan asam lambung, sebaiknya jangan mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut terlalu sering dengan porsi yang berlebihan karena melakukan pencegahan sejak dini lebih baik daripada mengobati. Selain itu, juga ada penyebab lain naiknya asam lambung yaitu kebiasaan makan yang tidak teratur atau sering telat makan. Oleh karena itu, jalankan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, beristirahat dengan cukup dan berolahraga secara teratur. (Baca juga: Cara Menyecegah Penyakit Gagal Ginjal)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D