Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-paru

makanan yang baik untuk paru-paru
Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peranan yang penting, yaitu mengatur sistem pernapasan sehingga menjaga kesehatan organ ini sangatlah penting. Menerapkan pola hidup sehat yang diimbangi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya organ paru-paru. 

Baru-baru ini para ahli telah menyarankan agar kita mengkonsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, di sisi lain ada juga beberapa makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru. Jenis makanan itu mudah untuk ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif murah.

Beberapa Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Paru-paru :


1. Tomat dan Apel

Tomat dan apel merupakan makanan yang berpotensi besar untuk melindungi paru-paru dari polutan, asap rokok, racun dan kandungan udara yang berbahaya lainnya. Kedua makanan ini memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi tinggi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan paru-paru serta dapat meringankan pernapasan pada orang yang menderita penyakit asma. 

2. Buah Beri

Buah jenis beri-berian seperti strawberry, blackberry, blueberry, raspberry, dan cranberry mengandung senyawa resveratol fitokimia kuat yang berguna untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker paru-paru akibat radikal bebas.   

3. Buah Jeruk
 
Kandungan vitamin C tinggi yang ditemukan di dalam buah jeruk berguna untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang dapat memicu penyakit pneumonia, kandungan vitaminya juga berguna untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan dapat mengurangi penyakit paru obstruktif kronik bagi perokok aktif. Selain itu, buah ini juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang berperan untuk mengurangi pembengkakan jaringan paru-paru. 

4. Sereal dan Biji-bijian

Semua produk sereal dan biji-bijian atau kacang-kacang seperti kacang tanah, almond, walnut, dan jenis lainnya mempunyai kandungan serat tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan paru-paru.

5. Ikan Berlemak

Kandungan asam omega-3 terdapat pada ikan-ikanan yang berlemak seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden dan ikan makarel. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal American College of Nutrition pada tahun 2002, omega-3 mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan paru-paru dan berguna untuk mencegah terjadinya radang paru-paru kronis.
 
Walaupun makanan tersebut bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, penting juga untuk mengimbanginya dengan tetap menerapkan pola hidup yang sehat dengan cara menghindari kebiasaan merokok dan menghindari mengkonsumsi alkohol. Baca juga: Penyakit yang Disebabkan Pencemaran Udara dan Bahayanya bagi Paru-paru serta Sistem Pernapasan
Advertisement

Artikel Lainnya :-D