Ciri-ciri Kanker Darah Stadium Awal Pada Anak

Penyakit kanker darah biasanya disebabkan oleh adanya radiasi pada lingkungan misalnya radiasi bom nuklir. Sinar radiasi tersebut dapat menyebabkan gangguan pada sel darah merah yang menyebabkan pertumbuhan sel darah putih menjadi tidak terbatas.
 
Pada stadium awal, ciri-ciri kanker darah mudah untuk ditandai yaitu ketika mereka terluka dan mengeluarkan darah, aliran darah tersebut akan sulit untuk dihentikan, akibatnya penderita tersebut akan mengalami anemia dan akan menemukan darah berwarna merah muda. Kondisi tersebut disebabkan karena berkurangnya produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh. 

Ciri-ciri kanker darah

Penderita kanker darah juga akan sering mengalami mimisan yang disusul dengan pusing yang hebat. Kemudian, juga akan mengalami pendarahan yang hebat pada gusi dan gigi. Pendarahan yang terjadi sulit untuk diatasi karena darah sangat sukar untuk membeku. Gejala yang lainnya adalah sering merasakan nyeri pada bagian sendi atau tulang belakang. Nyeri hebat tersebut dapat berdampak pada demam tinggi yang disebabkan oleh sumsum tulang belakang yang sedang digempur oleh sel-sel kanker tersebut.

Pada umumnya, penyakit leukemia atau kanker darah banyak dialami oleh anak-anak. Sayangnya, kebanyakan anak-anak tidak begitu bisa merasakan rasa sakit yang dialaminya. Oleh karena itu para orang tua harus mewaspadainya karena penyakit ini dapat menyebabkan berat badan anak menjadi menyusut.

Penyusutan berat badan tersebut disebabkan oleh adanya nafsu makan yang makin lama semakin berkurang, kemudian anak akan kehilangan keseimbangan tubuhnya sehingga mudah terjatuh saat berlari atau berjalan. Ketika jatuh dan terluka, lukanya akan sulit untuk diatasi karena aliran darahnya sukar untuk membeku.

Jika mengalami gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas, segeralah pergi ke dokter atau ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan medis yang tepat. (Baca juga: Gejala Kanker Usus Besar Stadium 4)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D