Gejala Kanker Usus Besar Stadium 4

Usus besar merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungsi sebagian tempat penyimpanan limbah tubuh sebelum dikeluarkan melalui anus. Usus besar adalah organ tubuh yang berupa saluran berotot yang panjang. Usus besar juga merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk menstabilkan sistem kerja tubuh. Bayangkan saja jika tidak adanya usus besar pasti limbah yang terdapat di dalam tubuh tidak dapat disimpan terlebih dahulu sebelum dikeluarkan.

kanker usus besar stadium 4Di dalam usus besar sering ditemukan tumbuhnya tumor jinak. Tumor itulah yang dapat menjadi kanker. Tumor akan cenderung muncul pada dinding bagian dalam usus besar. Jika terus dibiarkan tumor tersebut akan tumbuh tumor jinak yang disebut dengan polip.

Tumor jinak atau polip dapat dihilangkan dengan melakukan pembedahan. Operasi pengangkatan tumor jinak akan dilakukan karena tidak akan menimbulkan ancaman tersebarnya tumor ke seluruh tubuh. Namun, jika tumor jinak sudah berkembang menjadi tumor ganas, tentunya akan lebih mudah menyebar pada seluruh jaringan tubuh. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya segera melakukan operasi pada saat tumor masih jinak.

Tumor ganas adalah penyakit yang sering disebut dengan kanker. Kanker usus besar merupakan penyakit yang dapat mengancam nyawa manusia. Jika kondisi kanker berada pada tingkat stadium 4, kemungkinan hidupnya hanya 10% saja. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tahapan penyakit kanker usus besar.

1. Kanker Usus Besar Stadium 0

Pada tahapan ini sel kanker masih tertanam dalam lapisan-lapisan kolon atau rektum. Pada tahapan ini kanker belum menyebar ke seluruh tubuh sehingga harus dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi pasien.

2. Kanker Usus Besar Stadium 1

Pada tahapan ini sel kanker mulai menyebar hingga di daerah kolon atau rektum. Tidak menuntut kemungkinan para pasien dapat sembuh setelah berada pada tahapan ini. Karena hadapan hidup pada tahapan ini mencapai 90%.

3. Kanker Usus Besar Stadium 2

Kanker sudah menyebar pada jaringan di sekitarnya yaitu diluar rektum. Meskipun demikian, sel-sel kanker belum sampai pada kelenjar getah bening sehingga harapan hidup untuk pasien tahapan ini mencapai 70%.

4. Kanker Usus Besar Stadium 3

Pada tahapan ini kanker sudah menyebar di dalam kelenjar getah bening, akan tetapi penyebarannya belum sampai ke seluruh tubuh. Beberapa pasien mempunyai 40% harapan untuk melewati tahapan ini.

5. Kanker Usus Besar Stadium 4

Pada tahapan ini merupakan tahap yang serius karena kanker sudah menyebar ke dalam paru-paru dan hati serta mempunyai kesempatan untuk membuka cabang penyebaran pada organ lainnya. Pada tahapan ini hanya ada harapan 10% untuk melewatinya.

Penyakit kanker usus besar mempunyai gejala seperti sembelit, mudah lelah, kembung, merasa tidak nyaman setelah buang air besar, diare, menurunnya berat badan karena nafsu makan berkurang, mual dan muntah, anemia, penyakit kuning serta adanya pendarahan pada rektum. Untuk pengobatan kanker usus besar stadium 4 akan dilakukan tindakan ekskresi bedah. Selain itu kemoterapi dan radiasi juga akan dilakukan.

Mengidap penyakit serius seperti kanker merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang, oleh karena itu jagalah selalu kesehatan dengan melakukan pola hidup dan kebiasaan sehat. (Baca Juga: Khasiat Kunyit Putih untuk Obat Tradisional Penyembuh Kanker)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D