Bahaya Aborsi Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental


Aborsi merupakan tindakan yang dilakukan untuk menggiurkan kandungan, biasanya tindakan ini dilakukan oleh dokter kehamilan bila kandungan tersebut dapat mengancam kesehatan sang ibu. Kemudian, ada pula aborsi yang dilakukan terhadap janin yang cacat. Namun, ada juga aborsi yang dilakukan dengan sengaja karena orangtuanya yang tidak menginginkan adanya janin tersebut, hal ini merupakan tindakan kejahatan kemanusiaan yang dilarang oleh hukum dan agama.

Bahaya aborsi
Pada saat ini, sudah diketahui bahwa fenomena aborsi sudah banyak terjadi di kalangan masyarakat yang disebabkan oleh pergaulan bebas remaja dan kurangnya pendidikan mengenai efek pergaulan bebas tersebut. Akibatnya banyak para remaja putri yang hamil di luar nikah, untuk mengatasi aib tersebut biasanya mereka akan memilih untuk melakukan aborsi. Padahal jika tidak dilakukan dengan cara yang benar dan tidak dilakukan oleh dokter profesional, aborsi dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik fisik maupun mental.

1.    Pendarahan

Banyak orang yang sudah mengalami aborsi mengalami pendarahan, apabila tidak segera ditangani oleh tim medis kondisi tersebut akan berujung pada kematian. Terjadinya pendarahan disebabkan karena leher rahim yang robek atau luka terbuka lebar karena adanya sebuah kontraksi ketika proses aborsi.

2.    Mempunyai Resiko Terkena Kanker

Bahaya selanjutnya adalah mempunyai resiko terkena kanker karena aborsi sangat berpotensi meningkatkan kanker seperti kanker payudara, kanker indung telur, kanker serviks dan lain sebagainya.

3.    Resiko Melahirkan Prematur

Jika seseorang yang pernah melakukan aborsi maka kelahiran berikutnya maka akan membuat kondisi anak yang dilahirkan berpotensi lahir secara prematur.

4.    Dampak Psikologis

Setelah melakukan aborsi tidak menutup kemungkinan bahwa, pelakunya akan merasa berdosa, trauma, depresi, sedih dan merasa ketakutan ketika ingin hamil kembali.
Selain dilarang untuk dilakukan secara ilegal, aborsi juga dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental sehingga sangat berbahaya untuk dilakukan. (Baca juga: Bahaya Merkuri bagi Ibu Hamil dan Janinnya)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D