Penyebab Sering Kesemutan di Ujung Jari Tangan dan Kaki


Kesemutan merupakan hal yang sering dirasakan semua orang. Kesemutan bisa disebabkan karena adanya posisi duduk yang salah. Kesemutan terjadi karena adanya darah yang terjepit sehingga tidak lancar. Kesemutan bisa dihilangkan dengan cara mengkibas-kibaskan bagian tubuh yang mengalami kesemutan.

Namun, ada pula fakta yang mengatakan bahwa kesemutan merupakan gejala suatu penyakit tertentu. Pada dunia medis kesemutan dikenal dengan nama Prestesia. Prestesia merupakan sensasi pada permukaan tubuh yang tidak dipicu oleh adanya rangsangan dari luar. Prestesia juga dikatakan sebagai sensasi seperti sedang dirambati sesuatu.

Kesemutan biasa terjadi pada kaki maupun tangan. Namun, jika pembaca pernah mengalami kesemutan yang sering terjadi pada ujung jari, itu adalah hal akan dibahas dalam kesempatan kali ini.

Penyebab Terjadinya Kesemutan di Ujung Jari
Kesemutan di ujung jari biasa terjadi saat melakukan aktivitas yang sering menggunakan jari seperti aktivitas para penulis, yaitu mengetik pada laptop, atau komputer. Kesemutan di ujung jari disebabkan oleh adanya penekanan syaraf yang berlangsung lama, serta adanya faktor lain seperti kurangnya suplai darah, dehidrasi serta frekuensi nafas cepat pada saat syaraf terasa panik.

Jika sering mengalami kesemutan pada ujung jari sebaiknya harus tetap mempertimbangkan aktivitas sehari-hari yang menimbulkan rasa kesemutan tersebut. Akibat utama kesemutan pada ujung jari yaitu karena adanya penyempitan syaraf medianus. Di dalam dunia medis  penyempitan syaraf medianus disebut dengan sindrom terowongan karpal.

Terowongan karpal adalah terowongan tulang yang terbentuk dari susunan tulang-tulang pergelangan yang terdiri dari tiga sisi jaringan pengikat yang berjalan melintasi terowongan karpal. Terjadinya pembengkakan, diabetes, akumulasi cairan dan lain sebagainya menyebabkan meningkatkan tekanan dalam rongga yang kecil, hal tersebut dapat menekan syaraf medianus. Syaraf medianus adalah syaraf yang terdapat di dalam jari-jari. Tekanan yang terjadi pastinya akan menimbulkan adanya rasa nyeri dan kesemutan, kemudian akan menjalar ke ujung jari.

Cara mengatasi kesemutan ujung jari adalah dengan menghindari aktivitas yang membutuhkan gerakan pergelangan tangan repetitif (memerlukan banyak tenaga). Apabila keluhan dirasakan pada saat malam hari, ubahlah posisi tidur dengan meletakkan tangan di atas bantal, serta sebaiknya jangan tidur dengan posisi tangan tertindih. Jika terjadi nyeri gerakanlah jari-jari, selain itu batasilah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam.

Apabila cara tersebut tidak membuat kesemutan jadi hilang, segeralah konsultasikan hal tersebut dengan dokter untuk mendapatkan penanganan sesuai dengan keluhan. Hal tersebut disebabkan karena ada beberapa penyakit serius yang memberikan gejala kesemutan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Mengobati Pegel Linu )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D