Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi di Lutut & Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Nyeri Sendi & Linu di Lutut Secara Alami

Lutut merupakan bagian tubuh yang sering mengalami masalah persendian pada saat lanjut usia dan sakitnya bikin nyeri tak tertahankan. Nyeri sendi atau linu pada lutut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor makanan atau faktor pola hidup yang kurang sehat. Untuk itu, diperlukan cara bagaimana cara mengatasi rasa nyeri akibat linu dengan cara yang aman, alami dan tidak menimbulkan efek samping. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi linu atau nyeri sendi secara alami.


Cara Mengobati Nyeri Sendi di Lutut Secara Alami

  • Kompres dengan Es Batu
Apabila mengalami nyeri pada bagian lutut, segera kompres dengan es batu sebagai langkah awal. Caranya, bungkus es batu dengan kain atau handuk agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Kemudian, tempelkan pada lutut yang terasa nyeri sampai agak mendingan.


  • Pakai Sepatu yang Pas
Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi di Lutut & Cara Mengatasinya
Sumber Gambar:
https://en.wikipedia.org/wiki/Knee#/media/File:Blausen_0597_KneeAnatomy_Side.png
Saat memilih sepatu, pilihlah yang sesuai dengan ukuran, tinggi hak dan bahan yang digunakan. Usahakan untuk tidak memilih sepatu yang kekecilan dan dengan hak yang tinggi. sebab, pemakaian sepatu dengan hak tinggi lama kelamaan dapat membuat kaki menjadi cacat dan mudah mengalami nyeri sendi atau linu pada lutut. Selain itu, kurangi aktivitas mendaki gunung dan berlari di usia tua karena dapat mudah mengalami nyeri lutut apabila tidak diimbangi dengan makanan yang sehat.


  • Melakukan Pemanasan
Alangkah baiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga atau mendaki gunung. Pemanasan tersebut dapat dilakukan dengan meregangkan kedua kaki yang bertujuan untuk mengurangi nyeri lutut dan melemaskan otot agar lebih fleksibel. Apabila terjadi masalah pada kaki seperti panjang kaki yang tidak sama, segera berkonsultasi dengan dokter.


  • Konsumsi Makanan Sehat
Faktor makanan juga memiliki peranan penting untuk menjaga lutut terhindar dari nyeri sendi atau linu. Konsumsi buah – buahan dan sayuran seperti, alpukat, buah berry, terong, tomat, paprika, kentang, jeruk, lemon, kedelai, jahe, biji rami serta ikan tinggi omega-3. Selain itu, kurangi mengkonsumsi garam agar tidak terjadi pembengkakan yang mengakibatkan nyeri pada lutut.


  • Perhatikan Posisi Duduk
Posisi duduk yang benar dapat terhindar dari nyeri sendi atau linu pada lutut. Hindari duduk dengan menyelingkan kaki terlalu lama, tidak menggantung atau menekuk kaki saat duduk dan buatlah posisi tubuh nyaman saat diatas kursi.

Demikian tadi, tips mengatasi dan menghindari linu atau nyeri sendi pada lutut secara alami. Jadi, lebih baik kita mencegah terkena nyeri sendi dengan melakukan tips diatas daripada harus mengobatinya. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D