Panduan Memilih Susu Formula untuk Bayi


Hal yang harus diketahui sebelum memberi bayi dengan susu formula adalah tidak ada susu formula yang mempunyai manfaat dan kandungan nutrisi sama dengan ASI. Memberikan susu formula pada bayi biasanya dilakukan oleh para ibu yang sibuk dan para ibu yang mungkin saja memiliki masalah dengan ASI yang sulit keluar. Bila memberikan susu formula adalah keharusan ada beberapa panduan yang harus diketahui sebelumnya.

panduan memilih susu formula


1.    Susu Formula Terbaik

Memang tidak mudah saat memilih susu formula yang akan diberikan pada bayi, sebaiknya pertimbangkan jenis protein, karbohidrat dan bahan-bahan apa yang akan disertakan.

2.    Susu Formula Instant

Susu formula jenis ini tidak memerlukan pencampuran dan pengukuran lagi karena hanya dengan dibuka susu sudah dapat diberikan kepasa bayi. Susu jenis ini higienis dan sangat membantu ketika para ibu ragu dengan kebersihan air yang digunakan untuk mencampur susu.

3.    Susu Formula Konsentrat Cair

Susu formula jenis ini membutuhkan pencampuran dengan air, jika dibandingkan dengan susu formula instant yang siap minum, susu konsentrat cair bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah dan tidak memakan tempat di dalam lemari pendingin.

4.    Susu Formula Konsentrat Bubuk

Meskipun susu formula jenis ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mempersiapkannya, para orang tua harus mengikuti petunjuk pencampuran dengan benar. Selain itu, susu formula bubuk merupakan jenis yang paling ekonomis karena mudah dibawa dan tidak memakan banyak tempat untuk disimpan.

5.    Susu Formula Sapi

Kebanyakan susu yang tersedia di pasaran berasal dari susu sapi, protein di dalam susu sapi lebih mudah dicerna untuk bayi. Selain itu kandungan di dalamnya juga mampu mencukupi kebutuhan nutrisi bayi.

6.    Susu Formula Bebas Laktosa

Susu jenis ini akan direkomendasikan untuk bayi intoreleransi laktosa (tidak dapat mencerna laktosa). Laktosa adalah kandungan gula alami yang  terdapat di dalam susu.

7.    Susu Formula Kedelai

Susu formula ini dibuat menggunakan protein nabati yang berasal dari kedelai. Susu formula kedelai biasanya diberikan untuk bayi yang alergi dengan susu sapi.

Jika bingung untuk memberikan susu formula untuk bayi, berkonsultasilah dengan dokter karena dokter akan menilai banyak hal sebelum merekomendasikan susu formula yang tepat. Selain itu dokter juga akan memantau reaksi bayi dan menyelidiki gejala apapun yang timbul setelah bayi mengkonsumsinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan susu untuk si kecil, yaitu jangan pernah menambahkan bahan lain termasuk vitamin, sereal, asam lemak, minyak zaitun dan lain sebagainya kecuali memang direkomendasikan oleh dokter karena susu formula dibuat sangat hati-hati dengan jumlah takaran zat yang tepat.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D