Tips Cara Agar Bayi Mau Makan dengan Lahap

Bagaimana Cara Agar Bayi Mau Makan?

Saat hendak berusia minimal lebih dari 6 bulan bayi sudah bisa diberi makan menggunakan bubur bayi sebagai peralihan dari ASI, sebab bayi tak selamanya akan minum air susu ibunya. Namun, bagaimana caranya supaya bayi mau makan?

Untuk melatih bayi untuk pertama kalinya makan, membutuhkan kesabaran yang tinggi dan rasa PD yang tidak boleh luntur, percaya bayi akan mau memakan bubur bayi yang kita berikan. Semua itu perlu membutuhkan waktu dan proses yang agak lama. Namun, ada banyak cara yang dapat dilakukan, seperti tips berikut ini :

Tips Supaya Bayi Mau Makan dengan Lahap

Cara Agar Bayi Mau Makan

  • Ikuti Ritme Makan dan Minum
Ikuti ritme makan si bayi dengan cara tidak memaksa untuk menghabiskan makanan pada waktu itu juga. Sebab, dengan cara memaksa bayi menghabiskan makanannya dapat membuat nafsu makan bayi berkurang dan dapat mengakibatkan beberapa masalah terhadap kesehatan. Akibatnya mungkin si bayi bisa tersedak dan muntah atau gejala lainnya. Sedangkan bila mengikuti kemauan si bayi dapat membuatnya senang, tidak rewel dan mudah untuk diberi makan kembali.

Sediakan air dalam mangkok atau gelas, untuk minumnya, lalu minumkan air tersebut dengan sendok secara perlahan agar tidak tersedak. Setelah beberapa waktu, cobalah untuk meminumkan air yang diwadahi gelas.

  • Gunakan Tempat Makan yang Menarik
Dengan menggunakan wadah tempat makan dengan gambar yang menarik dan lucu, supaya bayi dapat lebih semangat untuk makan. Bagi bayi yang sudah makan nasi atau masih makan bubur hias makanan tersebut dengan bentuk – bentuk menarik atau disebut juga teknik bento. Namun, tetap perhatikan segi keamanan tempat makan untuk bayi dan usahakan pilih makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi untuk mendukung tumbuh kembang si bayi.

  • Buat Suasana Menyenangkan
Untuk membuat suasana makan menjadi menyenangkan bagi bayi, putar lagu yang lembut atau lagu anak – anak yang riang gembira. Ajak makan bersama semua anggota keluarga di meja makan supaya dapat bersosialisasi atau mendapatkan suasana baru dengan meletakkan di kursi makan khusus bayi. Perhatikan pula suhu ruangan agar tetap sejuk, sehingga nyaman untuk saat makan.

  • Buat Jadwal
Banyak bayi yang mengalami obesitas, sehingga memiliki berat badan yang over usia semestinya. Hal ini bisa disebabkan oleh orang tua yang tidak dapat memahami kebutuhan makan si bayi. Akibatnya dikit – dikit diberi makan, sebab takut jika kelaparan. Sebaiknya atur pola makan si bayi dengan membuat jadwal makan. Dengan cara ini bayi akan dapat mengenal rasa lapar dan terhindar dari obesitas, selain itu saat diberi makan akan sangat lahap dan mudah karena merasa lapar.

  • Mengenal Makanan Sendiri
Banyak ibu yang sering ngomel ketika bayinya kotor dan berlepotan karena bermain makanan dan ibu yang terlalu over dalam memilihkan makanan kepada si bayi, harus ini dan harus itu. Itu merupakan hal yang wajar dan bisa dibilang cukup baik, namun sebaiknya biarkan si kecil belajar mengenal makanannya sendiri dengan membiarkannya memakannya tanpa bantuan. Walaupun akan kotor dan berlepotan, biarkan saja!

Demikian tadi tips supaya bayi mau makan yang dapat dipraktekkan di rumah. Namun apabila ada cara lain selain diatas, boleh gunakan dan boleh juga di share. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D