Mengenal Gejala Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu merupakan salah satu jenis penyakit yang beresiko sangat fatal apabila dibiarkan begitu saja, karena dapat menyebabkan terjadinya kanker usus atau penyakit lainnya yang berbahaya pada organ tubuh khususnya organ pencernaan. Usus buntu disebabkan karena adanya infeksi pada sistem pencernaan usus sehingga  menimbulkan gejala meradang dan rasa nyeri yang tak tertahankan. 
Sebenarnya, usus buntu sendiri adalah salah satu organ tubuh yang berbentuk penonjolan kecil yang terletak pada bagian usus besar di daerah perbatasan usus halus.  Walaupun usus buntu tergolong sebagai organ pertahanan bagi tubuh namun bisa dikatakan juga sebagai organ yang kurang penting. Meskipun demikian, jika penderita mengalami peradangan pada usus buntu sebaiknya harus dilakukan pengobatan dengan segera.
Mengenal gejala penyakit usus buntu
Image Source: pixabay.com
Penyakit usus buntu dikenal dengan sebutan Apendistis yang merupakan kondisi dimana usus buntu telah meradang dan berisi nanah. Dengan kondisi tersebut biasanya usus buntu akan dipotong. Oleh karena itu sebaiknya kenali gejala penyakit usus buntu dari awal agar segera mendapatkan penanganan dengan cepat.
1.    Demam dan Menggigil

Gejala ini merupakan gejala awal bahwa seseorang terkena penyakit usus buntu. Demam yang dialami tidak sama dengan demam pada umumnya karena suhu tubuh bisa mencapai 39 derajat Celsius disertai dengan rasa sakit tak tertahankan di daerah perut.

2.    Nyeri Pada Area Pusar

Nyeri pada area pusar merupakan gejala awal yang dialami oleh penderita penyakit usus buntu. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit yang berpindah-pindah di daerah sisi kanan bawah perut.

3.    Rasa Sakit yang Semakin Parah

Gejala ini sudah menandakan bahwa penyakit sudah pada tahap kronis dan lebih serius. Kondisi juga akan semakin memburuk karena rasa sakit akan lebih sering terjadi.

4.    Hilangnya Nafsu Makan

Gejala lainnya adalah rasa mual disertai muntah, kemudian disusul dengan hilangnya nafsu makan. Awalnya mungkin terlihat seperti penyakit ringan, namun jika gejala ini tidak berhenti hingga lebih dari 12 jam segera periksakan diri ke dokter.

5.    Diare

Diare yang disertai dengan sakit perut merupakan salah satu gejala penyakit usus buntu. Kotoran yang dikeluarkan biasanya mengandung lendir.

6.    Kembung dan Sulit Buang Gas

Kembung dan sulit buang gas memang tampak seperti gejala penyakit yang tidak berbahaya. Namun, jika disertai dengan rasa sakit perut bagian bawah kemungkinan hal tersebut adalah gejala penyakit usus buntu.

7.    Nyeri Perut

Untuk memeriksa apakah terkena usus buntu, cobalah tekan perut bagian bawah sebelah kanan, kemudian lepaskan. Jika mengalami rasa sakit saat tekanan dilepas, maka itu merupakan gejala usus buntu yang pecah.
Apabila mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan dan periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. (Baca Juga: Beberapa Gejala Tubuh yang Kekurangan Vitamin)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D